Pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan kognitif sosial pada pembelajaran ips kelas v di sd 5 bae kudus

HANDAYANI, FEBRIANA EKA (2023) Pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan kognitif sosial pada pembelajaran ips kelas v di sd 5 bae kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (904kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble serta seberapa besar pengaruh kemampuan kognitif sosial siswa pada pembelajaran IPS saat di dalam kelas. Untuk mengembangkan cara berpikir siswa perlu dilakukan proses pembelajaran yang inovasi, kreatif dan menyenangkan agar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa kelas V di SD 5 BAE. Kongnitif sosial dalam teori belajar Vygotsky merupakan suatu teori belajar sosial sehingga sangat sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe scramble karena pada model pembelajaran kooperatif tipe scramble terjadi interaktif sosial yaitu interaksi antar siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru. Teori Vygotsky mengakomodasi sosiokultural, ZPD, scaffolding, dan bahasa dan pikiran untuk memberi jembatan kepada siswa dalam memecahkan masalah terutama pada pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD 5 Bae. Menggunakan penelitian kuantitatif pra-eksperimental one-group pretest-postets. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan menggunakan seluruh jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 13 siswa dengan 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas data, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan pemberian soal tes pertama dengan nilai rata-rata Pretest 58,5%, kemudian di berikan perlakuan mengunakan soal yang sama dengan nilai rata-rata posttest 86,3% pada data ini siswa mengalami peningkatan dengan nilai n-gain menunjukan 0,67 atau 67% dengan jumlah peserta didik 13 orang dapat di kategorikan sebagai kategori sedang. Berdasarkan peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopratif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD 5 Bae Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.,
Kata Kunci: Kognitif Sosial, Kooperatif tipe Scramble, IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:05
Last Modified: 23 Feb 2024 00:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20366

Actions (login required)

View Item View Item