HANDAYANI, FEBRIANA EKA (2023) Pengaruh model kooperatif tipe scramble terhadap kemampuan kognitif sosial pada pembelajaran ips kelas v di sd 5 bae kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (501kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (660kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (904kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (464kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble serta seberapa besar pengaruh kemampuan kognitif sosial siswa pada pembelajaran IPS saat di dalam kelas. Untuk mengembangkan cara berpikir siswa perlu dilakukan proses pembelajaran yang inovasi, kreatif dan menyenangkan agar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran yang tepat untuk siswa kelas V di SD 5 BAE. Kongnitif sosial dalam teori belajar Vygotsky merupakan suatu teori belajar sosial sehingga sangat sesuai dengan model pembelajaran kooperatif tipe scramble karena pada model pembelajaran kooperatif tipe scramble terjadi interaktif sosial yaitu interaksi antar siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru. Teori Vygotsky mengakomodasi sosiokultural, ZPD, scaffolding, dan bahasa dan pikiran untuk memberi jembatan kepada siswa dalam memecahkan masalah terutama pada pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD 5 Bae. Menggunakan penelitian kuantitatif pra-eksperimental one-group pretest-postets. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh dengan menggunakan seluruh jumlah siswa di kelas V yang berjumlah 13 siswa dengan 6 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas data, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan uji n-gain. Hasil dari penelitian ini menunjukan pemberian soal tes pertama dengan nilai rata-rata Pretest 58,5%, kemudian di berikan perlakuan mengunakan soal yang sama dengan nilai rata-rata posttest 86,3% pada data ini siswa mengalami peningkatan dengan nilai n-gain menunjukan 0,67 atau 67% dengan jumlah peserta didik 13 orang dapat di kategorikan sebagai kategori sedang. Berdasarkan peningkatan hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopratif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas V di SD 5 Bae Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd., |
Kata Kunci: | Kognitif Sosial, Kooperatif tipe Scramble, IPS |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:05 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:05 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20366 |
Actions (login required)
View Item |