Febrianti, Azzahroh Norita (2023) Penerapan metode (role playing) dalam pembelajaran bahasa indonesia sebagai upaya menumbuhkan rasa Percaya diri pada siswa kelas iii sdn 2 jojo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (627kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (236kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf - Published Version Download (169kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya kepercayaan diri pada dikarenakan siswa memiliki rasa malu, merasa rendah diri dalam pergaulan antar sesama, malu diminta untuk tampil di depan kelas dan takut salah serta mendapatkan ejekan dari teman, hal ini dapat berdampak pada kondisi psikologis siswa dalam hal interaksi dalam kehidupan sehari-hari. Perasaan tersebut akhirnya berpengaruh juga pada aktivitas belajar siswa di kelas khususnya pada pembelajaran teater. Hal tersebut ditemukan oleh peneliti saat melakukan observasi pada pra penelitian di SDN 2 Jojo. Permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu bagaimana menerapkan metode beramin peran pada pembelajaran teater dan meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui metode bermain peran. Metode bermain peran (Role Playing) adalah metode pembelajaran yang menyajikan pembelajaran dengan cara memeragakan, menirukan dan mempertontonkan keadaan, peristiwa, kejadian kedalam sebuah cerita. Sedangkan kepercayaan diri adalah keyakinan akan kemampuan diri sendiri dan menyadari kemampuan-kemampuan yang dimiliki serta dapat memanfaatkannya secara tepat baik secara psikologis ataupun fisik. Penelitian ini menggunakan metode mix method yang dilaksanakan di SDN 2 Jojo siswa kelas III dengan subjek penelitian 21 siswa.Teknik pengumpuan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyatakan bahwa adanya peningkatkan kepercayaan diri siswa melalui metode bermain peran. Dapat dilihat pada hasil analisis data secara kualitatif dari hasil angket respon siswa perolehan rata-rata pra tindakan yaitu 62,95% dan setelah tindakan metode bermain peran yaitu 74,80%. Kemudian data secara kuantitatif peningkatan rasa percaya diri pada siswa juga dapat dilihat pada hasil rata-rata pre tes dan post tes siswa yang menyatakan adanya peningkatan yaitu dari 45,33 menjadi 72,26. Penelitian ini dinyatakan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui metode bermain peran khususnya pada pembelajaran teater dikarenakan adanya dukungan dari guru dan siswa yang dapat berkolaborasi untuk saling meningkatkan keterampilan dan bakat yang dimiliki. Namun perlu adanya dukungan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses pembbelajaran yang maksimal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Siti Masfuah, M.Pd |
Kata Kunci: | Metode Bermain peran, Percaya Diri. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:15 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:15 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20367 |
Actions (login required)
View Item |