Efektivitas model problem based learning dan model project based learning terhadap hasil belajar ipas materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas v sekolah dasar

Handayani, Ummi (2023) Efektivitas model problem based learning dan model project based learning terhadap hasil belajar ipas materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas v sekolah dasar. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara. 2) Menganalisis rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD. 3)Menganalisis rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara lebih baik dari model pembelajaran langsung. 2) Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara lebih baik dari model pembelajaran langsung. 3) Model pembelajaran Prblem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara lebih baik dari model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi ekperimental design yaitu desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang memepengaruhi pelaksanaan eksperimen. Quasi eksperimental design yang digunakan adalah jenis nonequivalent control group design pada desain ini terdapat pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara berdasarkan pada deskripsi data terdapat perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas PBL. Rata-rata nilai pre test sebesar 52,59 dan nilai post test sebesar 81,85. Perbedaan ini menunjukkan bahwa mengalami peningkatan sebesar 29,26. 2) Rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Project Based Learning (PjBL) lebih baik dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara. Hal ini berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pre test dan post test pada kelas PjBL dan kelas kontrol setelah dilakukan uji terjadi perbedaan nilai rata-rata. Nilai pre test sebesar 31,90 dan nilai post testnya sebesar 70,00. 3) Rata-rata hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dengan model Project Based Learning (PjBL) pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara. Hal ini berdasarkan Hasil uji N-Gain membuktikan pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) cukup efektif meningkatkan hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya. Peningkatan lebih tinggi terjadi pada kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning (PBL). Sehingga ditarik kesimpulan model pembelajaran Problem Based Learning lebih efektif untuk meningkatan hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Kecamatan Mlonggo Jepara. Berdasarkan simpulan yang dianalisis dari penelitian di atas, maka peneliti memberikan saran sebagai berikut: 1) Bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) dan model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS materi sifat-sifat cahaya. 2) siswahendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran agar dapat memahami materi sehingga tujuan pembelajaran tercapai. 3) peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian serupa dapat mengembangkan tujuan penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sumaji, M.Pd Dosen Pembimbing 2 : Dr. Khamdun, M.Pd
Kata Kunci: model Problem Based Learning, model Project Based Learning, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Aspek-aspek khusus pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 00:26
Last Modified: 23 Feb 2024 00:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

View Item View Item