FATHONI, ABI RIZAL (2023) Pengaruh modalitas visual, auditorial, kinestetik siswa terhadap prestasi belajar kelas 4 tema ii pada sd 5 jepang kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
halaman judul.pdf - Published Version Download (476kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (303kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (454kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustak.pdf - Published Version Download (504kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstrak
Modalitas merupakan teknik untuk mempermudah, nyaman, dan aman pada saat belajar. Hal tersebut memicu dengan perbedaan modalitas siswa di SD 5 Jepang kota Kudus yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh modalitas visual, auditorial, dan kinesteik siswa terhadap prestasi belajarnya. Pembelajaran yang menggunakan metode modalitas visual, auditorial, dan kinestetik (VAK) guru berharap supaya prestasi siswa meningkat. Modalitas adalah gaya belajar siswa dalam mengolah informasi pembelajaran yang didapat. Seusai pembelajaran guru biasanya memberi siswa beberapa soal guna megetahui peningkatan prestasi siswanya. Prestasi siswa ini seringkali menjadi suatu masalah setelah diadakanya pembelajaran. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di kelas IV SD 5 Jepang Kudus, dengan sampel sebanyak 35 siswa dan guru yang bersangkutan. Penelitian yang dilaksanakan dengan 3 tahapan, setiap tahap penelitian terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai penelitian meliputi teknik observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa modalitas visual, auditorial, kinestetik berpengaruh sedikit terhadap prestasi siswa kelas 4 SD 5 Jepang. Nilai pengaruh diperoleh dari uji t ditunjukkan dengan hasil paired samples statistic nilai pretest 60.8000 dan nilai posttes 72.4000. nilai minimal sebesar 36% dan nilai maksimal sebesar 86% dari mean pretest. Sedangkan mean posttest memperoleh nilai minimal 24% dan nilai maksimal sebesar 96% dari perhitungan uji N-Gain. Respons siswa terhadap mata pelajaran IPA dan IPS yang menggunakan modalitas visual, auditorial, dan kinestetik cukup baik dilihat dari persentase nilai angket respons siswa. Peneliti berharap supaya setiap guru mata pelajaran dapat menerapkan pembelajaran dengan meode modalitas visual, auditorial, dan kinestetik sehingga hasil pembelajaranya aman, nyaman, dan memuaskan bagi siswa dan gurunya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | modalitas visual, auditorial, kinestetik, dan prestasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:58 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20373 |
Actions (login required)
View Item |