NAFIāAH, MIYOSI KHOIRUN (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media roda putar untuk Meningkatkan keaktifan belajar Pendidikan pancasila Siswa kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (527kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (151kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan menerapkan model pembelajaran talking stick berbantu media roda putar. Keaktifan siswa merupakan tindakan aktif siswa secara fisik untuk ikut serta dalam kegiatan pembelajaran. Keaktifan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan model dan media pembelajaran yang mendukung yaitu model pembelajaran talking stick berbantuan dan media roda putar. Model talking stick merupakan model pembelajaran kooperatif berupa tongkat berjalan. Media roda putar merupakan media tiga dimensi dilengkapi dengan amplop kartu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Bedingin Blora dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran talking stick berbantu media roda putar, sedangkan variabel terikat adalah keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar dan keaktifan belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase guru mengajar pada siklus I (78%) dan meningkat pada siklus II (86%). Persentase keaktifan siswa pada siklus I (75%) dan meningkat pada siklus II(95%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick berbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar dan keaktifan belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN 1 Bedingin.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 : Ika Ari Pratiwi, M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2 :M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or., |
Kata Kunci: | Talking stick, Media Roda Putar, dan Keaktifan belajar siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 00:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 00:57 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20374 |
Actions (login required)
View Item |