FEBRIANA, NURANI AYU (2023) Students’ difficulties in comprehending descriptive text at the tenth grade of sma negeri 1 pecangaan jepara in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (990kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (404kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (792kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini berfokus pada pemahaman membaca teks deskriptif. Hal ini dikarenakan ketika peneliti mengajarkan materi teks deskriptif kepada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pecangaan, peneliti masih menemukan kesulitan siswa dalam pemahaman membaca teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami teks deskriptif. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan solusi mengatasi kesulitan siswa dalam memahami teks deskriptif dari sudut pandang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana instrumen metode pengumpulan datanya adalah dokumen dan wawancara. Dokumen tersebut terdiri dari 10 item pertanyaan yang dibagi menjadi lima jenis pertanyaan, yaitu menentukan gagasan utama, membuat kesimpulan, informasi rinci, mencari referensi, dan memahami kosa kata. Hasil dokumen menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan berpendapat bahwa aspek yang paling sulit ditemukan siswa adalah mencari referensi karena mencari referensi sulit ditemukan dan memerlukan fokus dan ketelitian. Selain itu, berdasarkan respon siswa dalam wawancara, mereka menggunakan beberapa solusi yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi kesulitan mereka, yaitu membuat koneksi, membaca ulang, memprediksi, dan latar belakang pengetahuan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru banyak memberikan latihan membaca ulang, membuat koneksi, dan mengerjakan soal yang lebih kompleks dengan lima aspek, dan solusi yang menurut guru paling tepat untuk kesulitan siswanya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Muh. Syafei, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Mutohhar, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kesulitan Siswa; Pemahaman Membaca; Teks Deskriptif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 18:16 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 18:16 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20377 |
Actions (login required)
View Item |