Students’ difficulties in comprehending descriptive text at the tenth grade of sma negeri 1 pecangaan jepara in the academic year 2022/2023

FEBRIANA, NURANI AYU (2023) Students’ difficulties in comprehending descriptive text at the tenth grade of sma negeri 1 pecangaan jepara in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (990kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada pemahaman membaca teks deskriptif. Hal ini dikarenakan ketika peneliti mengajarkan materi teks deskriptif kepada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Pecangaan, peneliti masih menemukan kesulitan siswa dalam pemahaman membaca teks deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami teks deskriptif. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan solusi mengatasi kesulitan siswa dalam memahami teks deskriptif dari sudut pandang siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana instrumen metode pengumpulan datanya adalah dokumen dan wawancara. Dokumen tersebut terdiri dari 10 item pertanyaan yang dibagi menjadi lima jenis pertanyaan, yaitu menentukan gagasan utama, membuat kesimpulan, informasi rinci, mencari referensi, dan memahami kosa kata. Hasil dokumen menunjukkan bahwa mayoritas siswa kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan berpendapat bahwa aspek yang paling sulit ditemukan siswa adalah mencari referensi karena mencari referensi sulit ditemukan dan memerlukan fokus dan ketelitian. Selain itu, berdasarkan respon siswa dalam wawancara, mereka menggunakan beberapa solusi yang dapat mereka gunakan untuk mengatasi kesulitan mereka, yaitu membuat koneksi, membaca ulang, memprediksi, dan latar belakang pengetahuan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru banyak memberikan latihan membaca ulang, membuat koneksi, dan mengerjakan soal yang lebih kompleks dengan lima aspek, dan solusi yang menurut guru paling tepat untuk kesulitan siswanya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Muh. Syafei, M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Mutohhar, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kesulitan Siswa; Pemahaman Membaca; Teks Deskriptif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:16
Last Modified: 23 Feb 2024 18:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20377

Actions (login required)

View Item View Item