Analisis kemampuan kolaborasi siswa dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila (festival permainan tradisional) kelas iv sd negeri banyudono

HARYANTI, JULAITA PUTRI (2023) Analisis kemampuan kolaborasi siswa dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila (festival permainan tradisional) kelas iv sd negeri banyudono. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil studi pra-penelitian yang telah dilaksanakan peneliti pada bulan oktober 2022, mendapati kondisi bahwa dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebelumnya, siswa kelas IV SD Negeri Banyudono menunjukkan kemampuan kolaborasi yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kolaborasi siswa kelas IV SD N Banyudono, serta aspek dasar kemampuan kolaborasi dalam kegiatan P5 berikutnya yaitu festival permainan tradisional. Kemampuan kolaborasi merupakan kemampuan seseorang untuk berpartisipasi dalam tiap kegiatan, guna mencapai tujuan bersama. proyek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan pembelajaran berbasis proyek yang mengarahkan siswa untuk bereksplorasi dan mengembangkan kemampuannya guna menghayati dimensi dalam profil pelajar Pancasila. Proyek festival permainan tradisional merupakan kegiatan perlombaan antar kelompok siswa yang berisi beberapa permainan tradisional setempat (Desa Banyudono) yang telah dipertimbangkan mampu mengembangkan kemampuan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survey dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SD Negeri Banyudono. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa kelas IV SD Negeri Banyudono. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik angket, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dengan berbantuan Software SPSS Statistic 26 yang diinterpretasikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa memperoleh persentase dengan rincian, indikator berkomunikasi sebesar 72,80% berkategori sedang, indikator berpendapat sebesar 68,40% berkategori sedang, indikator bekerja dengan produktif sebesar 70,80% berkategori sedang, indikator berkompromi sebesar 73,40% berkategori sedang, indikator mengelola proyek dengan baik sebesar 75,20% berkategori sedang, dan indikator bertanggung jawab sebesar 77,80% berkategori tinggi. Analisis terhadap aspek dasar kemampuan kolaborasi siswa menunjukkan hasil bahwa rata-rata pada keseluruhan aspeknya berkategori tinggi dengan persentase sebesar 74,83%. Berdasarkan penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa kemampuan kolaborasi siswa kelas IV tergolong dalam kategori sedang lantaran rata-rata persentase seluruh indikator kemampuan kolaborasi sebesar 73,07% yang berkategori sedang dengan rata-rata aspek dasarnya sebesar 74,83% berkategori tinggi. Hendaknya siswa berusaha untuk mengembangkan kemampuan kolaborasinya, serta upaya pengembangan tersebut harus melibatkan pihak sekolah bahkan stake holder.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd., DOSEN PEMBIMBING 2: Moh. Syaffruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.,
Kata Kunci: Kemampuan Kolaborasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:28
Last Modified: 23 Feb 2024 18:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20378

Actions (login required)

View Item View Item