Pengembangan media pembelajaran aplikasi jelas (jelajah asean) pada materi mengenal asean kelas vi sekolah dasar

LISTIYONINGSIH, DIAN WAHYU (2023) Pengembangan media pembelajaran aplikasi jelas (jelajah asean) pada materi mengenal asean kelas vi sekolah dasar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan media aplikasi pada materi mengenal ASEAN di kelas VI Sekolah Dasar dan mendeskripsikan keefektifan media aplikasi jelajah ASEAN pada kelas VI sekolah Dasar. Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu yang didalamnya terdapat beberapa komponen pendukung untuk mencapai keberhasilan. Salah satu pendukung keberhasilan suatu pembelajaran adalah media pembelajaran. Hal ini menyerupai pendapat Arsyad (2015:10). Media Aplikasi Jelajah Asean merupakan media pembelajaran untuk mengenal ASEAN dengan android atau PC. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (rearch&development) dengan menggunakan Langkah-langkah penelitian menurut Sugiyono (2013:407) yaitu : (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisiproduk, (8) ujicoba pemakaian, (9) revisi produk, dan (10) produksi massal. Pengujian kelayakan produk menggunakan validasi Ahli dan respon siswa-guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji Gain dan Uji-T. Analisis N-Gain digunakan untuk mengetahui selisih antara skor posttest dan pretest. Sedangkan Uji T digunakan untuk menguji keefektifitan media JELAS terhadap hasil belajar kognitif. Hasil media aplikasi jelajah ASEAN melalui pembuatan aplikasi dengan menggunakan aplikasi pengembang game Unity, materi disesuaikan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai kurikulum 13. Aplikasi meliputi materi, game, lagu dan evaluasi soal. Setelah divalidasi oleh validator memperoleh nilai 86,53% dengan kategori valid. Kemudian media media aplikasi jelajah ASEAN diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil penghitungan N-gain adalah 0,4 dengan kategori sedang. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil test kognitif di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 4,84. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media aplikasi jelajah ASEAN dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas VI Sekolah Dasar. Pengembangan aplikasi ini diharap dapat memotivasi guru untuk melakukan kreasi dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A.. DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, JELAS, pembelajaran IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:41
Last Modified: 23 Feb 2024 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item