Budaya visual menara kudus sebagai sumber belajar nilai-nilai akulturasi budaya pada siswa kelas v sd demangan kudus

Rosyida, Nuriyah Miftahur (2023) Budaya visual menara kudus sebagai sumber belajar nilai-nilai akulturasi budaya pada siswa kelas v sd demangan kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian dengan judul “Budaya Visual Menara Kudus sebagai Sumber Belajar Nilai-nilai Akulturasi Budaya pada Siswa Kelas V SD Demangan Kudus” ini bertujuan untuk mengetahui persepsi budaya visual dalam nilai-nilai akulturasi budaya yang terkandung pada bangunan Menara Kudus serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai akulturasi, seperti toleransi antar umat beragama, menghargai keberagaman dan juga terciptanya hubungan yang harmonis diperlukan anak dalam penerapan pembelajaran PPKn, Kebhinekaan Tunggal Ika. Bhineka Tunggal Ika, yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua merupakan semboyan bangsa Indonesia yang menjadikan landasan bersikap toleransi, terbuka, harmonis dan saling menghargai antar masyarakat demi meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga perlu diterpakannya nilai-nilai akulturasi pada siswa sedini mungkin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode etnografi dengan merincikan persepsi budaya visual Menara Kudus dalam nilai-nilai akulturasi budaya. Teknik pengumpulan data penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan utama penelitian ini berjumlah 8 siswa kelas V SD Demangan Kudus dan Guru Kelas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa memahami persepsi budaya visual dalam nilai-nilai akulturasi budaya. Budaya visual dalam nilai-nilai akulturasi merupakan sebuah tradisi warisan yang mampu dinikmati dengan indra penglihatan yang memiliki nilai kebaikan seperti saling menghargai pendapat sesama. Nilai-nilai dari akulturasi budaya tersebut yaitu, nilai religius, toleransi dan sopan santun. Berdasarkan hasil penelitian ynag dilakukan oleh peneliti siswa mampu mempresepsikan budaya visual dalam nilai-nilai akuturasi budaya. Nilai-nilai akulturasi budaya dalam budaya visual Menara Kudus sudah diterpakan di SD Demangan Kudus.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Bapak Dr. Nur Fajrie, S. Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Budaya Visual, Menara Kudus, Akulturasi Budaya, Nilai-nilai Akulturasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 18:50
Last Modified: 23 Feb 2024 18:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20380

Actions (login required)

View Item View Item