ADIKSA, DINDA AULIA SALSHABILLA (2023) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media pop-up terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas vi sdn demangan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman judul.pdf - Published Version Download (701kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (188kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (260kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (244kB) | Preview |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (92kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media pop up terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one group pretest-postest design (satu kelompok) dilaksanakan di kelas VI SDN Demangan Kudus dengan subjek penelitian 11 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal prestest lalu memberi perlakuan dan memberikan soal posttest. Instrumen penelitiannya adalah menggunakan tes tertulis, tes tertulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Teknik analisis data berupa analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini didapatkan hasil dari analisis uji hipotesis bahwa rata-rata pretest adalah 46,91 dan rata-rata posttest adalah 82,18. Hasil uji normalitas didapatkan hasil sig pretest adalah 0,129>0,05 dan hasil sig posttest adalah 0,081>0,05, maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal. Pada uji pired sample t-test didapatkan hasil sig 0,155>0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi siswa antara pretest dan posttes. Sedangkan pada hasil uji one sample t-test didapatkan hasil sig 0,051>0,05, yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan model pembelajaran jigsaw berbantuan media pop up book telah mencapai KKM. Dan pada uji hipotesis terakhir menggunakan uji N-Gain, didapatkan hasil rata-rata nilai N-Gain adalah 0,71 yang termasuk dalam kategori Tinggi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr.Drs.Moh.Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Pembelajaran Jigsaw, Media Pop-Up, Menulis, Teks Eksplanasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 19:03 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 19:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20382 |
Actions (login required)
View Item |