Pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media pop-up terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas vi sdn demangan

ADIKSA, DINDA AULIA SALSHABILLA (2023) Pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media pop-up terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas vi sdn demangan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman judul.pdf - Published Version

Download (701kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan media pop up terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VI. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain one group pretest-postest design (satu kelompok) dilaksanakan di kelas VI SDN Demangan Kudus dengan subjek penelitian 11 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan soal prestest lalu memberi perlakuan dan memberikan soal posttest. Instrumen penelitiannya adalah menggunakan tes tertulis, tes tertulis dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Teknik analisis data berupa analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial dilakukan dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini didapatkan hasil dari analisis uji hipotesis bahwa rata-rata pretest adalah 46,91 dan rata-rata posttest adalah 82,18. Hasil uji normalitas didapatkan hasil sig pretest adalah 0,129>0,05 dan hasil sig posttest adalah 0,081>0,05, maka dapat dinyatakan data berdistribusi normal. Pada uji pired sample t-test didapatkan hasil sig 0,155>0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi siswa antara pretest dan posttes. Sedangkan pada hasil uji one sample t-test didapatkan hasil sig 0,051>0,05, yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa dengan model pembelajaran jigsaw berbantuan media pop up book telah mencapai KKM. Dan pada uji hipotesis terakhir menggunakan uji N-Gain, didapatkan hasil rata-rata nilai N-Gain adalah 0,71 yang termasuk dalam kategori Tinggi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr.Drs.Moh.Kanzunnudin, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Media Pop-Up, Menulis, Teks Eksplanasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:03
Last Modified: 23 Feb 2024 19:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

View Item View Item