Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sdn tondomulyo jakenan

Agustiana, Ema (2023) Analisis proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sdn tondomulyo jakenan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Adanya pandemi covid-19 mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan surat edaran yang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring. Agar pembelajaran daring dapat berlangsung dengan baik maka pembelajaran harus tetap direncanakan, dilaksanakan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses pembelajaran daring, kendala proses pembelajaran daring, solusi mengatasi kendala proses pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 di kelas III SDN Tondomulyo. Menurut undang-undang No. 20 tahun 2003 “pembelajaran adalah proses pembelajaran interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar”. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran dalam penerapannya menggunakan jaringan internet yang terhubung langsung dan cakupannya luas. Berdasarkan penelitian terdahulu dapat di simpulkan bahwa proses pembelajaran daring masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan kurang efektif untuk guru maupun untuk siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian fenomologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan sumber data guru dan peserta didik. Adapun Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring pada masa pandemic covid-19 di SDN Tondomulyo sudah terlaksana dengan baik, guru dan peserta didik telah memiliki fasilitas- fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menunjukkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Pembelajaran daring menimbulkan tidak maksimalnya penyampaian materi dan kurang efektif. siswa yang merasa bosan sampai tidak mau mengerjakan tugas. Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring diantaranya adalah guru tetap memberikan bimbingan dan pendampingan pada peserta didik. Menggunakan media pembelajaran daring yang variative sehingga siswa tidak merasa jenuh. Dan selalu memantau dari nilai akhir siswa. Dengan media daring yang variative mampu menyerap materi pelajaran mendekati optimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Muhammad Noor Ahsin, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Gunawan Setiadi, S.IP, M.Pd
Kata Kunci: Analisis, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:28
Last Modified: 23 Feb 2024 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item