Pembinaan sikap nasionalisme pada siswa kelas iv di sdn wonosekar

SALSABILA, LIZZY (2023) Pembinaan sikap nasionalisme pada siswa kelas iv di sdn wonosekar. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (769kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Sikap Nasionalisme adalah suatu ideologi yang meletakkan suatu tindakan dalam menunjukkan kesetiaan, kecintaan, dan menghargai kepentingan bersama guna menjaga kehidupan dalam perihal semangat nasional, bernegara atau berbangsa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan sikap nasionalisme siswa kelas IV di SDN Wonosekar, (2) Mendeskripsikan strategi guru dalam pembinaan sikap nasionalisme siswa kelas IV di SDN Wonosekar. Sikap adalah suatu jenis kecenderungan untuk bereaksi terhadapat suatu objek dengan cara tertentu. Nasionalisme merupakan ideologi yang memanifestasikan kesetiaan tertinggi seorang individu yang tunduk pada bangsa dan negara. Terdapat empat indikator sikap nasionalisme yaitu cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, rela berkorban, serta toleransi dan tenggang rasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi, lembar wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi Data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala sekolah, guru kelas empat, dan siswa kelas empat yang berjumlah 25 siswa SDN Wonosekar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Wonosekar mempunyai sikap nasionalisme antara lain cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, rela berkorban, serta toleransi dan tenggang rasa. Dari semua sikap nasionalisme tersebut sudah ada pada siswa kelas IV dan sudah diterapkan walaupun masih belum sepenuhnya maksimal. Strategi guru dalam pembinaan sikap nasionalisme pada siswa kelas IV SDN Wonosekar antara lain melalui pembiasaan, keteladanan (modelling), dan ektrakurikuler. Hal yang paling efektif dilakukan oleh guru adalah pembiasaan dan keteladanan karena dapat dilakukan setiap hari. Kesimpulan pada penelitian ini adalah selama pembelajaran siswa kelas IV SDN Wonosekar memiliki sikap nasionalisme antara lain cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, rela berkorban, serta toleransi dan tenggang rasa. Sedangkan strategi sekolah dalam pembinaan sikap nasionalisme pada siswa kelas IV di SDN Wonosekar antara lain melalui pembiasaan, keteladanan (modelling), dan ektrakurikuler yang di dukung dengan kultur sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shokib Rondli, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Much. Arsyad Fardani, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pembinaan, Nasionalisme, Siswa .
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:35
Last Modified: 23 Feb 2024 19:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20386

Actions (login required)

View Item View Item