Efektivitas model pembelajaran stad berbantuan media bianglala terhadap pemahaman konsep materi bangun datar kelas iv sdn 01 kalipucang wetan

ANDRIYANI, DWI DIAN (2023) Efektivitas model pembelajaran stad berbantuan media bianglala terhadap pemahaman konsep materi bangun datar kelas iv sdn 01 kalipucang wetan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar efektif model pembelajaran STAD berbantuan media Bianglala terhadap hasil pemahaman konsep matematika pada materi luas bangun datar kelas IV SD 1 Kalipucang Wetan. Permasalahan yang ditemukan yaitu kurangnya minat siswa dan antusias siswa dalam pembelajaran matematika dapat dilihat dari kurangnya siswa bertanya, menjawab dan kurangnya siswa diajak praktik. Dari kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika menyebabkan kemapuan pemahaman konsep setiap siswa berbeda-beda tergantung materi yang disampaikan. Model STAD adalah metode pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan yang berbeda yang beranggotakan 4-5 orang siswa secara heterogen. Media Bianglala merupakan media pembelajaran berbasis visual. Media Bianglala adalah sebuah media pembelajaran media bianglala adalah suatu alat yang digunakan sebagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, mudah dalam pembuatan dan juga mudah untuk digunakan, sehingga peserta didik akan lebih tertarik dengan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu Pre-Exprerimental Design dengan one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Kalipucang Wetan dengan populasi 27 siswa kelas IV SDN 01 Kalipucang Wetan. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas data, uji N-Gain, dan uji paired t-test untuk uji hipotesis penelitian. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan rata-rata nilai yang artinya terdapat efektivitas model STAD berbantuan Bianglala terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV SD. Hasil N-Gain kemampuan pemahaman konsep matematika siswa memiliki rata-rata 50,85 yang artinya efektivitas model STAD berbantuan Bianglala terhadap kemampuan konsep matematika kelas IV SD dikategorikan N-Gain Score “sedang”. Untuk tingkat pengaruh menurut data tersebut mendapat rata-rata 50,85% yang artinya dikategorikan “cukup efektif”. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu model STAD berbantuan media bianglala dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Rata-rata pada penelitian ini mengalami perbedaan setelah mengikuti proses pembelajaran dan mengalami peningkatan sebesar 0,5 mencapai kriteria sedang setelah mengikuti proses pembelajaran. Untuk tingkat pengaruh menurut data tersebut mendapat rata-rata 50,85% yang artinya dikategorikan “cukup efektiv”.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, M.Pd Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: STAD, Bianglala, Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 20:13
Last Modified: 23 Feb 2024 20:13
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item View Item