Analisis keterampilan berbicara dalam pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia materi bercerita dongeng kelas iv

Mustafafi, Nabila (2023) Analisis keterampilan berbicara dalam pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran bahasa indonesia materi bercerita dongeng kelas iv. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Keterampilan berbicara dalam bercerita dongeng siswa kelas IV Al Maraghy masih belum optimal selama pembelajaran kurikulum merdeka. Siswa terkadang alur cerita yang disampaikan tidak runtut, suara volume yang pelan sehingga membuat pendengar menjadi kurang jelas, terdapat kata tidak baku dan masih terbata-bata pada saat bercerita dongeng. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan berbicara dalam bercerita serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa dalam bercerita di pembelajaran kurikulum merdeka. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dalam mengucapkan suara atau kata untuk mengekspresikan, mengungkapkan, mengkomunikasikan pendapat, ide dan perasaan seseorang. Pembelajaran kurikulum merdeka adalah sebuah program dicetuskan oleh Kemendikbud untuk mewujudkan kondisi belajar yang menyenangkan. Pada keterampilan berbicara terkait pada bercerita dongeng di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dilaksanakan di kelas IV Al Maraghy SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek 6 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV Al Maraghy mempunyai keterampilan yang berbeda-beda dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara dalam bercerita yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor motivasi dan faktor kepercayaan diri. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor bahasa ibu, faktor lingkungan, dan faktor guru. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV Al Maraghy mempunyai keterampilan yang berbeda-beda dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor motivasi dan kepercayaan diri. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor bahasa ibu, faktor lingkungan, dan faktor guru. Penelitian ini hendaknya bisa memperluas objek penelitian dan secara mendalam, membanyak referensi buku dalam menganalisis keterampilan berbicara pada bercerita dongeng.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Fitriyah Amaliyah, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Kurikulum Merdeka, Bercerita Dongeng
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2024 18:17
Last Modified: 25 Feb 2024 18:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item