Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian belajar siswa kelas v

SETYONINGRUM, CATUR PUTRI WAHYU (2023) Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian belajar siswa kelas v. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
1. 201933043_HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
2. 201933043_BAB I.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
3. 201933043_BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
4. 201933043_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
5. 201933043_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
6. 201933043_BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
7. 201933043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
8. 201933043_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Kemandirian siswa dalam belajar menjadi suatu hal penting. Karena kemandirian belajar merupakan aspek yang menentukan keberhasilan belajar. Berdasarkan hasil observasi kemandirian belajar masih belum terlihat dikalangan siswa kelas V. Hal tersebut tercermin dari banyaknya siswa yang mengharapkan teman lain untuk menyelesaikan tugas individu. Ini terjadi karena siswa yang malas membaca materi dan malas mencari jawaban soal dibuku. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ekstrakurikuler pramuka berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa Kelas V di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap kemandirian belajar siswa Kelas V di SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Kemandirian belajar merupakan proses belajar dimana siswa secara bebas menentukan bahan, waktu, tempat dan sumber belajar apa yang mereka butuhkan. Dengan kebebasan ini, siswa diharapkan dapat mengontrol cara mereka belajar, menggunakan sumber belajar dan menunjukkan rasa tanggung jawab. Selain itu, siswa menunjukkan sikap percaya diri, disiplin, dan memiliki inisiatif sendiri. Ekatrakurikuler pramuka adalah kegiatan kepramukaan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga, yang tujuannya memperhatikan kemampuan, minat, dan potensi anak untuk perkembangan yang berkelanjutan. Penelitian ini akan dilaksanakan di SD Unggulan Muslimat NU Kudus dengan subjek penelitian siswa kelas V Ibnu Hajar dan Pembina ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif expost facto. Sampel yang digunakan adalah teknik sampel total atau sensus. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar sedangkan variabel bebasnya adalah ekstrakurikuler pramuka. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner (angket), observadi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data uji-t dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler pramuka dapat memengaruhi kemandirian belajar siswa Kelas V SD Unggulan Muslimat NU Kudus. Pengaruh hubungannya bersifat positif, sehingga jika siswa rajin mengikuti ekstrakurikuler pramuka maka memiliki kemandirian belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang jarang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Berdasarkan hasil penelitian, pihak sekolah dapat bekerja sama dengan guru ataupun pembina ekstrakurikuler pramuka agar dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi siswa dalam mengikuti latihan rutin ekstrakurikuler pramuka, sehingga dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Moh Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or.,
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Kemandirian Belajar Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 25 Feb 2024 18:31
Last Modified: 25 Feb 2024 18:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item View Item