Jannah, Miftakul (2023) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model contextual teaching and learning berbantuan media manipulatif volume bangun ruang kelas v sd negeri 1 ujungpandan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (895kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (437kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (16MB) |
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang ditemukan peneliti di SD Negeri 1 Ujungpandan bahwasanya proses pembelajaran masih monoton. Guru belum menerapkan model pembelajaran, tidak sering menggunakan media pembelajaran serta tidak sering melakukan diskusi kelompok dan lebih sering memberikan latihan soal dibandingkan melakukan praktik. Permasalahan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan matematis yang dilakukan oleh guru masih terpacu dengan latihan-latihan soal saja tanpa diberikan langkah-langkah dalam konsep penyelesaian pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru melalui model Contextual Teaching and Learning berbantuan media manipulatif. Model CTL merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa melihat makna dalam bahan pekerjaan yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Media manipulatif volume bangun ruang berupa kubus satuan sebagai media untuk mengajarkan materi volume bangun ruang menggunakan model CTL karena konsep dari media manipulatif berupa kubus satuan sejalan dengan karakteristik model CTL yaitu konteks nyata atau kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD N 1 Ujungpandan Welahan Jepara dengan subjek penelitian 21 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian setelah diterapkannya model CTL berbantuan media manipulatif membuktikan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari siklus I dengan presentase 71% meningkat pada siklus II menjadi 100%, keterampilan aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan presentase 78,7% meningkat pada siklus II menjadi 90%, dan keterampilan mengajar guru dari siklus I dengan presentase 78,5% meningkat pada siklus II menjadi 90,4%. Penelitian ini hendaknya guru menerapkan model CTL berbantuan media manipulatif sesuai dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga mempermudah siswa dalam memahami konsep volume kubus dan balok.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Contextual Teaching and Learning, Media Manipulatif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pengajaran (prinsip dan praktek) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 25 Feb 2024 19:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2024 19:51 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20399 |
Actions (login required)
View Item |