Hannah, Alfi (2023) Analisis adaptasi guru kelas iv dalam penerapan kurikulum merdeka di gugus diponegoro kecamatan kayen pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (545kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (249kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (359kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (180kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar yang mendorong guru untuk beradaptasi dengan proses pembelajarannya. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui bentuk adaptasi yang dimunculkan guru kelas IV dalam mengimplementasikan Kurikulum, dan mendeskripsikan proses adaptasi guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas IV sekolah dasar di Gugus Diponegoro, Kecamatan Kayen, Pati. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses mengimplementasikan Kurikulum Merdeka diperlukan adaptasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajarannya. Adaptasi merupakan proses penyesuaian diri seseorang dengan lingkungannya, kelompok, norma maupun unit sosial yang bertujuan untuk menyelaraskan agar terciptanya keharmonisan dalam hubungan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Penelitian ini akan di laksanakan di SD se-Gugus Diponegoro, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, dengan mengambil subjek Kepala Sekolah dan guru kelas IV sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik pengecekan triangulasi data dan analisis data model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dua dari tiga guru kelas beradaptasi dengan keterbiasaan sedangkan sisanya beradaptasi dengan pelarian dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Adaptasi yang dilakukan oleh guru kelas pada proses tahapan implementasi Kurikulum Merdeka masih belum terlaksana dengan semestinya. Hal tersebut terkendala oleh faktor-faktor yang menghambat guru seperti minimnya referensi yang ada dan ketrampilan guru yang terbatas dalam menerima perubahan kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adaptasi yang dilakukan oleh guru kelas IV di Gugus Diponegoro masih kurang maksimal. Perlunya peningkatan ketrampilan yang dimiliki guru dan referensi yang menambah pengetahuan guru dalam mengimplementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd. Dosen Pembimbing : Moh Syafruddin K, S.Si., M.Or. |
Kata Kunci: | Adaptasi, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 00:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 00:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20403 |
Actions (login required)
View Item |