Aisyah, Firda Nurul (2023) Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di mi nahjatul faizin kepohkencono pucakwangi kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (293kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Di era globalisasi sekarang ini yang dimana orang sangat mudah mengakses apa saja tanpa mengetahui apa dampak baik ataupun buruk yang akan diperoleh kedepannya. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan karakter pada masyarakat Indonesia khususnya pada anak-anak terutama turunnya karakter nasionalisme. Sehingga peran guru sangat diperlukan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa di MI Nahjatul Faizin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di MI Nahjatul Faizin Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Peran guru adalah sebagai fasilitator, inspirator, motivator, imajinasi, kreatifitas, empati sosial, dan tim kerja yang dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yang tidak dapat tergantikan oleh teknologi. Nasionalisme adalah sebuah paham akan kesadaran status keanggotaan dalam bernegara atau cinta tanah air untuk sama-sama mempertahankan dan mencapai tujuan bernegara. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di MI Nahjatul Faizin dengan subjek 6 siswa kelas IV dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu sikap nasionalisme di MI Nahjatul Faizin sudah cukup baik seperti halnya sisw memakai produk dalam negeri, hafal lagu-lagu nasional atau daerah, mentaati peraturan sekolah dan lain-lain. Namun masih ditemukan beberapa siswa yang kurang memiliki sikap nasionalisme seperti membuang sampah sembarangan, tidak hafal lagu daerah dan nasional, dan mengikuti upacara tidak tertib. Upaya guru yang sudah dilakukan yaitu dengan menyelipkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran, mencontohkan sikap nasionalisme, dan melakukan pembiasaan mengikuti kegiatan sekolah seperti mengikuti ektrakurikuler pramuka. Sedangkan, kendala yang dialami guru dalam menanamkan sikap nasionalisme adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai sikap nasionalisme, terbatasnya media dan sarana prasarana sekolah, terbatasnya waktu dan kuranya pemahaman siswa tentang sikap nasionalisme. Sikap siswa di MI Nahjatul Faizin sudah menerapkan sikap nasionalisme dan guru sudah melakukan upaya dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap dapat memberikan manfaat bagi MI Nahjatul faizin Kepohkencono terutama untuk guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M. Pd Dosen Pembimbing II : Ahmad Bakhruddin, S. Pd. I., M. Pd., |
Kata Kunci: | Peran guru menanamkan sikap Nasionalisme. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 00:39 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 00:39 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20406 |
Actions (login required)
View Item |