Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di mi nahjatul faizin kepohkencono pucakwangi kabupaten pati

Aisyah, Firda Nurul (2023) Peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di mi nahjatul faizin kepohkencono pucakwangi kabupaten pati. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Di era globalisasi sekarang ini yang dimana orang sangat mudah mengakses apa saja tanpa mengetahui apa dampak baik ataupun buruk yang akan diperoleh kedepannya. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan karakter pada masyarakat Indonesia khususnya pada anak-anak terutama turunnya karakter nasionalisme. Sehingga peran guru sangat diperlukan dalam menanamkan sikap nasionalisme pada siswa di MI Nahjatul Faizin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa di MI Nahjatul Faizin Kepohkencono Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Peran guru adalah sebagai fasilitator, inspirator, motivator, imajinasi, kreatifitas, empati sosial, dan tim kerja yang dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yang tidak dapat tergantikan oleh teknologi. Nasionalisme adalah sebuah paham akan kesadaran status keanggotaan dalam bernegara atau cinta tanah air untuk sama-sama mempertahankan dan mencapai tujuan bernegara. Penelitian deskriptif ini dilaksanakan di MI Nahjatul Faizin dengan subjek 6 siswa kelas IV dan guru. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu sikap nasionalisme di MI Nahjatul Faizin sudah cukup baik seperti halnya sisw memakai produk dalam negeri, hafal lagu-lagu nasional atau daerah, mentaati peraturan sekolah dan lain-lain. Namun masih ditemukan beberapa siswa yang kurang memiliki sikap nasionalisme seperti membuang sampah sembarangan, tidak hafal lagu daerah dan nasional, dan mengikuti upacara tidak tertib. Upaya guru yang sudah dilakukan yaitu dengan menyelipkan nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran, mencontohkan sikap nasionalisme, dan melakukan pembiasaan mengikuti kegiatan sekolah seperti mengikuti ektrakurikuler pramuka. Sedangkan, kendala yang dialami guru dalam menanamkan sikap nasionalisme adalah kurangnya pemahaman siswa mengenai sikap nasionalisme, terbatasnya media dan sarana prasarana sekolah, terbatasnya waktu dan kuranya pemahaman siswa tentang sikap nasionalisme. Sikap siswa di MI Nahjatul Faizin sudah menerapkan sikap nasionalisme dan guru sudah melakukan upaya dalam menanamkan sikap nasionalisme siswa dalam kegiatan akademik maupun non akademik. Dari hasil penelitian ini peneliti berharap dapat memberikan manfaat bagi MI Nahjatul faizin Kepohkencono terutama untuk guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M. Pd Dosen Pembimbing II : Ahmad Bakhruddin, S. Pd. I., M. Pd.,
Kata Kunci: Peran guru menanamkan sikap Nasionalisme.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 00:39
Last Modified: 26 Feb 2024 00:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20406

Actions (login required)

View Item View Item