Pengaruh model project based learning berbantuan Media pop up book terhadap peningkatan Kreativitas siswa pada tema 8 siswa Kelas 5 sdn 1 mayong kidul

ELMANIDAR, NABILA (2023) Pengaruh model project based learning berbantuan Media pop up book terhadap peningkatan Kreativitas siswa pada tema 8 siswa Kelas 5 sdn 1 mayong kidul. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (726kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah dapat membuat rendahnya kreativitas siswa. Untuk mengetahui kreativitas siswa perlu adanya dorongan dari guru. Dari hasil pengamatan studi pendahuluan tingkat kreativitas siswa kelas 5 berdasarkan indikator kreativitas adalah 56,25% . Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran PJBL dapat meningkatkan kreativitas siswa. Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan dengan penerapan kerja proyek yang melibatkan peserta didik untuk memecahkan masalah. Pop Up Book merupakan sebuah media pembelajaran berupa buku yang memiliki lipatan-lipatan sehingga membentuk lapisan tiga dimensi. Media Pop Up Book menjadi alternatif pengembangan imajinasi dan kreativitas anak. Kreativitas dapat diartikan sebagai kemampuan berfikir seseorang mengenai sesuatu permasalahan dan tantangan dengan cara yang baru dan tidak biasa serta dapat menghasilkan penyelesaian yang menarik. Penelitian ini dilakukan di kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul dengan subjek penelitian 32 siswa. Jenis dari penelitian ini adalah experimen (pre-experimental design). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa kelas 5 dan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Pop Up Book. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan rata-rata nilai pretest posttest yang mengalami peningkatan sebesar 26,1%, uji Paired Sample T-Test t_hitung dengan nilai 15,710 lebih besar dari t_(tabel ) dengan nilai 1,69552 sehingga H_0 ditolak, dan hasil uji N-gain 0,52 dengan kriteria sedang. Terjadi peningkatan dari hasil pengamatan per indikator pada tiap pertemuan, PJBL membuat siswa lebih aktif dari guru. Dari hasil analisis data, pengujian hipotesis, dan pembahasan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Project Based Learning berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I :Fina Fakhriyah S.Pd, M.Pd, Dosen Pembimbing II : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Project Based Learning, Pop Up Book, Kreativitas Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 19:02
Last Modified: 26 Feb 2024 19:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20416

Actions (login required)

View Item View Item