TYAS, YUNIKA CIPTANING (2023) Peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa sd n 2 logede menggunakan model make a match berbantuan media kartu susun suku kata. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (532kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (330kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (418kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (304kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstrak
Kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan kebosanan pada siswa sehingga aktivitas belajar siswa menjadi rendah. Hal tersebut menyebabkan siswa di SD N 2 Logede Rembang masih terdapat beberapa yang memiliki keterampilan membaca yang rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu susun suku kata pada muatan Bahasa Indonesia dengan materi dongeng di Tema 7 Kebersamaan tahun ajaran 2022/2023. Make A Macth merupakan merupakan model pembelajaran kooperatif dengan karakteristik bermain memasangkan antara soal dan jawaban. Kartu susun suku kata merupakan media pembelajaran yang berbentuk kartu dengan konten suku kata yang dapat di rangkai menjadi sebuah kata dan juga terdapat kartu dengan gambar terkait dongeng. Dua kartu tersebut memiliki kesinambungan yang harus di pasangkan oleh siswa dengan sesuai. Membaca permulaan merupakan tahapan membaca paling dasar yang terjadi pada siswa kelas rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas II SD N 2 Logede dengan subjek penelitian 16 siswa dan 1 guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam pertemuan ini adalah keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD N 2 Logede. Sedangkan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu susun suku kata. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu susun suku kata dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD N 2 Logede. Hal tersebut ditunjukkan dengan ketercapaian persentase ketuntasan minimum yang telah di tetapkan peneliti dan peningkatan yang terjadi pada siklus II.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Much. Arsyad Fardani S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 1 : Lintang Kironoratri S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Membaca Permulaan. Make A Match , Media Suku Kata |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 19:17 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 19:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20418 |
Actions (login required)
View Item |