Penerapan model pembelajaran student team achievement division berbasis projek dengan bantuan media engklek ludo untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sd

FAJRIYANA, NURUL BADRIA (2023) Penerapan model pembelajaran student team achievement division berbasis projek dengan bantuan media engklek ludo untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (810kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran di kelas masih terikat dengan aktivitas belajar siswa saat pembelajaran daring (pandemi covid-19). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi pra siklus dari 25 siswa yang berhasil hanya 20% pada siswa kelas IV SDN 1 Panjang. Peneliti menerapkan model pembelajaran STAD berbasis projek dengan bantuan media EDO untuk meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan mengajar, dan elemen IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan mengajar, dan elemen IPAS pada siswa kelas IV SDN 1 Panjang. Aktivitas belajar siswa merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa selama proses belajar di kelas. Model pembelajaran STAD berbasis projek merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan cara memberikan kegiatan diskusi kelompok. Media EDO merupakan media permainan yang di dalamnya terdapat kartu projek dan juga quis. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas IV SDN 1 Panjang Kudus dengan subjek penelitian yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus, setiap siklusnya 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dengan menerapkan model STAD berbasis projek dengan bantuan media EDO (1) aktivitas belajar pada siklus I 52% sedangkan meningkat pada siklus II yaitu 80%, (2) keterampilan mengajar pada siklus I 76% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86%, (3) elemen IPAS pada pemahaman konsep siklus I 70,68 sedangkan siklus II meningkat yaitu 81,68, sedangkan keterampilan proses siklus I 60% sedangkan siklus II meningkat menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model STAD berbasis projek dengan bantuan media EDO dapat meningkatkan aktivitas belajar, keterampilan mengajar, dan elemen IPAS.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Pembelajaran STAD, Media EDO
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 19:28
Last Modified: 26 Feb 2024 22:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20419

Actions (login required)

View Item View Item