Penerapan strategi think pair share (tps) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 di sd 3 jekulo

Setiyarini, Retno (2023) Penerapan strategi think pair share (tps) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 2 di sd 3 jekulo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstrak

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya tingkat keterampilan membaca pada siswa kelas II SD 3 Jekulo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi Think Pair Share (TPS) terhadap keterampilan membaca siswa dan untuk mengetahui efektifitas implementasi strategi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran keterampilan siswa kelas II dalam membaca di SD 3 Jekulo. Strategi Think Pair Share (TPS), strategi Think Pair Share (TPS) merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang paling sederhana, dimana siswa aktif belajar dalam kelompok. Sedangkan, keterampilan membaca adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menerima pesan/informasi yang disampaikan penulis melalui bahasa tulis. Jenis penelitian ini yaitu Pre-Experimental Design dengan model One Grup Pretest Posttest Design, dimana peneliti menggunakan satu kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah semua populasi yaitu siswa kelas 2 SD 3 Jekulo. Pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pre-test dan post-test. Analisis data penelitian ini digunakan untuk menganalisis data kuantitatif berupa skor unjuk kerja siswa yang diolah melalui uji T-test dan N-Gain dengan menggunakan aplikasi SPSS Statistics 24 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji statistik Paired Sample T-Test nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0.000 < 0.05, maka terdapat perbedaan rata-rata antara nilai siswa pada tes sebelum (72) dan sesudah tes (82). Sedangkan persentase nilai N-Gain sebesar 64% menunjukkan interpretasi yang cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Strategi Think Pair Share mempunyai 3 tahapan implementasi yaitu Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Implementasi strategi Think Pair Share dinilai efektif karena terdapat perbedaan rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah unjuk kerja terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SD 3 Jekulo (2) Rata-rata skor N-Gain sebesar 0,64 dengan rasio skor N-Gain sebesar 64% yang menunjukkan efektivitas strategi Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dapat tergolong cukup efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2 : F. Shoufika Hilyana, S.Si, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Membaca, Strategi Think Pair Share (TPS)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 19:35
Last Modified: 26 Feb 2024 19:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20420

Actions (login required)

View Item View Item