Peran guru kelas dalam menghadapi siswa slow learner di kelas 3a sd negeri wonosari demak

LATIFAH, AGIEL NASHRIFATUL (2023) Peran guru kelas dalam menghadapi siswa slow learner di kelas 3a sd negeri wonosari demak. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya sebuah permasalahan yang ditemukan oleh peneliti yaitu adanya siswa slow learner di kelas 3A SD Negeri Wonosari Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peran guru dalam menghadapi siswa slow learner, kendala dan solusi guru dalam menjalankan perannya. Guru merupakan seseorang yang memiliki peran penting dan bertanggungjawab dalam pendidikan. Peran yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran dapat memengaruhi hasil belajar siswa, termasuk siswa slow learner. Siswa slow learner adalah siswa yang mengalami keterlambatan dalam memahami suatu materi serta memiliki keterbatasan IQ yang mengakibatkan hasil belajar siswa slow learner lebih rendah dari siswa lain. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian akan dilaksanakan di kelas 3A SD Negeri Wonosari Demak dengan subjek penelitian 5 siswa slow learner, guru kelas 3A, dan orang tua siswa slow learner. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 peran guru yang diterapkan guru kelas 3A dalam menghadapi siswa slow learner dikelasnya, kelima peran tersebut diantaranya yaitu peran guru sebagai pembimbing, sebagai motivator, sebagai mediator dan fasilitator, sebagai evaluator, serta sebagai pengelola kelas. Kendala yang dialami guru kelas 3A yaitu siswa slow learner yang sulit bahkan tidak menunjukkan adanya perkembangan, rendahnya motivasi belajar siswa slow learner, kesulitan dalam berkomunikasi dengan baik, mengalami kesulitan dalam menulis dan membaca, memiliki emosi yang kurang stabil. Solusi dari kendala tersebut adalah memberikan jam tambahan belajar, memberikan afirmasi dan apresiasi, melatih kemampuan dasar, dan membentuk kelompok belajar. Peran guru memiliki keterhubungan satu sama lain dalam mengoptimalkan pembelajaran siswa. Oleh kaena itu, guru harus bisa melakukannya dengan baik untuk menciptakan pembelajaran yang berkesan dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Moh. Syafruddin K, S.Si., M.Or.,
Kata Kunci: Peran Guru, Siswa Kelas Rendah, Slow Learner
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 19:47
Last Modified: 26 Feb 2024 19:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item