Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sd

SARI, INTAN NILA (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media diorama terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Nilai rata-rata ketuntasan siswa hanya mencapai 44,25 pada kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan model problem based learning agar dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media diorama, terdapat perbedaan rata-rata antara pretest dan posstest, dapat meningkatkan rata-rata predikat B. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memecahkan suatu permasalahan. Media diorama adalah media 3 dimensi yang menjelaskan materi siklus air. Kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan yang berfungsi untuk memecahkan suatu masalah dan mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Penggunaan metode penelitian kuantitatif, dengan desain uji coba "Prei experimental " dengan bentuk desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SD N Ngawen 02. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model problem based learning dengan media pembelajaran diorama. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan berpikir kritis. sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N Ngawen 02 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data dilakukan dengan random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistis yang berupa uji normalitas Hasil penelitian menunjukkan skor Uji paired sample t test nilai signifikan 2- tailed yaitu memperoleh 0,000 < 0,05 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. siswa memperoleh hasil rata-rata 88,6. Sedangkan dari uji N-Gain Score memperoleh peningkatan sebesar 0,7817 dengan katagori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penggunaan model Problem Based Learning dapat memberikan pengaruh dan peningkatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media diorama.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Sekar Dwi Ardianti, M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, M.Pd.
Kata Kunci: Problem based learning, diorama, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 20:22
Last Modified: 26 Feb 2024 20:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20423

Actions (login required)

View Item View Item