Analisis penggunaan smartphone terhadap perkembangan karakter emosional siswa kelas iii sekolah dasar di desa pancur mayong jepara

AHADIAH, ARINDAH ISRO (2023) Analisis penggunaan smartphone terhadap perkembangan karakter emosional siswa kelas iii sekolah dasar di desa pancur mayong jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak penggunaan Smartphone dan bagaimana perkembangan karakter emosional siswa kelas III sekolah dasar yang menggunakan Smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penggunaan Smartphone terhadap siswa kelas III sekolah dasar serta untuk mengetahui perkembangan karakter emosional siswa kelas III sekolah dasar yang menggunakan Smartphone. Smartphone merupakan alat komunikasi modern yang memiliki sistem operasi canggih dan terdapat inovasi terbaru dari teknologi fitur yang tersedia. Sedangkan perkembangan karakter emosional adalah perubahan perasaan yang terjadi di dalam diri baik perasaan baik atau buruk yang di alami seseorang dari sejak lahir hingga meninggal dunia. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek dari penelitian ini adalh siswa kelas III sekolah dasar dan orang tua siswa. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara secara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan smartphone oleh anak memberikan dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif penggunaan smartphone diantaranya anak dapat menjalin komunikasi dengan teman, guru, dan keluarga, anak memiliki akun sosial media sebagai penunjang untuk menambah teman. Adapun dampak negatif dari penggunaan smartphone diantaranya jam tidur anak menjadi terganggu, dapat mengganggu perkembangan anak, dapat mempengaruhi perilaku anak seperti anak mengalami gangguan emosional dan anak menjadi malas melakukan aktivitas sehari hari, banyak fitur dan aplikasi menarik pada gadget yang menyebabkan anak menjadi ketergantungan. Penggunaan smartphone memberikan dampak terhadap karakter emosional seperti mudah menangis dan suka marah marah tidak jelas, tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain, tidak bisa menghargai orang lain, dan menjadi pemalas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: F. Shoufika Hilyana, S.Si., M.Pd.
Kata Kunci: Smartphone, Dampak, Karakter Emosional
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 20:08
Last Modified: 26 Feb 2024 20:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20424

Actions (login required)

View Item View Item