FATIMAH, SITI (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan modul lisaki terhadap hasil belajar tematik tema 8 subtema 1 kelas v sd 4 karangbener. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman sampul-daftar lampiran.pdf - Published Version Download (665kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (485kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (739kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (240kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan hasil belajar siswa yang rendah terutama pada muatan IPA dan Bahasa Indonesia dimana pembelajaran masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan untuk mendeskripsi peningkatan hasil belajar siswa IPA dan Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan modul Lisaki di Kelas V SD 4 Karangbener. Problem Based Learning adalah model pembelajaran berbasis masalah secara nyata yang ada di kehidupan sehari-hari sehingga siswa mampu berpikir kritis. Modul Lisaki merupakan kepanjangan dari lingkungan sahabat kita yang diambil dari tema 8. Modul Lisaki adalah buku cetak yang memuat kearifan dan keunggulan kota Kudus yang diaplikasikan dengan cerita dan gambar disusun sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hasil belajar tematik merupakan hasil setelah mengikuti serangkaian pembelajaran. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di kelas V SD 4 Karangbener dengan subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang berlangsung selama 3 pertemuan.Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif uji paired sampel t-test sedangkan uji hipotesis kedua uji N-Gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan modul Lisaki dapat meningkatkan hasil belajar tematik tema 8 subtema 1 pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan uji Paired Smple T-test memperoleh nilai Sig-2tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima dan Uji N-Gain sebesar 57.48% aspek pengetahuan, 41.40% aspek sikap, 53.52 % aspek keterampilan dengan kategori cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran hendaknya menerapkan model Problem Based Learning berbantuan modul Lisaki agar menjadi menarik sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Modul Lisaki, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 21:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 21:03 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20427 |
Actions (login required)
View Item |