Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan utatik kearifan lokal terhadap pemahaman konsep tema 8 subtema 3 siswa kelas v sd 4 karangbener

FEBRIANA, ANIS (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan utatik kearifan lokal terhadap pemahaman konsep tema 8 subtema 3 siswa kelas v sd 4 karangbener. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Sampul-Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Semua Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran yang bersifat konvensional serta kurang memaksimalkan dalam penggunaan suatu media pembelajaran dapat berpengaruh pada minat belajar siswa, hal ini akan berdampak pada rendahnya pemahaman konsep siswa. Di buktikan dengan hasil wawancara dan observasi di kelas V SD 4 Karangbener bahwa siswa memiliki kemampuan dan tingkat pemahaman konsep yang berbeda-beda. Secara garis besar tingkat pemahaman konsep siswa kelas V SD 4 Karangbener masih rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan utatik kearifan lokal terhadap pemahaman konsep tema 8 subtema 3 siswa kelas V SD 4 Karangbener. Problem Based Learning merupakan model pembelajaran inovatif didalamnya terdapat berbagai konsep pembelajaran berbasis masalah. Utatik kearifan lokal merupakan media permaianan ular tangga dengan ukuran 200 x 300 cm, terdapat 25 angka memuat kearifan lokal Kudus, terdapat kartu soal dan zonk. Penelitian eksperimen ini akan dilaksanakan di kelas V SD 4 Karangbener dengan subjek penelitian 20 siswa sebanyak 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dengan instrumen penelitian lembar observasi, lembar wawancara, tes tertulis (pre-test & post-test). Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif uji paired sampel t-test dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan utatik kearifan lokal terhadap pemahaman konsep tema 8 subtema 3 siswa kelas V SD 4 Karangbener dengan nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000<0,05 rata-rata pre-test 42,38 post-test 79,43. (2) Terdapat peningkatan pemahaman konsep tema 8 subtema 3 siswa kelas V SD 4 Karangebener dengan N-Gain score 0,6267 dikategorikan sedang. Pembelajaran hendaknya menerapkan model Problem Based Learning berbantuan Utatik Kearifan Lokal agar lebih berkesan sehingga konsep pembelajaran dapat dipahami secara maksimal oleh siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Utatik Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Feb 2024 21:22
Last Modified: 26 Feb 2024 21:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20428

Actions (login required)

View Item View Item