AFISA, ZAHRA RIFQA (2023) Pengembangan media komik edukasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas v mi pim mujahidin. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (191kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (342kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang nilainya belum memenuhi atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Pentingnya pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan anak bangsa, untuk itu guru dituntut untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar salah satunya adalah komik. Media pembelajaran adalah alat atau perantara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang mana media mempunyai tujuan untuk membantu dan menarik minat siswa sehingga siswa dapat memahami penjelasan yang disampaikan guru. Media komik dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat membantu siswa dalam mempelajari suatu materi. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang baik dan memenuhi KKM. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian menggunakan instrumen berupa wawancara, angket berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, lembar validasi praktisi, angket respon siswa, dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan suatu pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang realistis seperti media komik, dimana siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan media sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Media ini dikembangkan melalui aplikasi Comic Page Creator dan Picsart. Hasil validasi menunjukan nilai rata-rata ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 93,3% ; 94% ; 94% yang menunjukan pengembangan media komik memenuhi kriteria sangat layak. Nilai pretest dan post test memperoleh rata-rata 59,90% dan 82,60% memperoleh hasil N-Gain sebanyak 0,56 termasuk peningkatan nilai sedang. Respon guru dan siswa terhadap media komik berbasis kearifan lokal memperoleh persentase 95,71% dan 89,81% dengan kriteria sangat praktis sehingga media efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Media Komik, Kearifan Lokal, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 19:28 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 19:28 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20429 |
Actions (login required)
View Item |