Pengembangan media komik edukasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas v mi pim mujahidin

AFISA, ZAHRA RIFQA (2023) Pengembangan media komik edukasi berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas v mi pim mujahidin. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang nilainya belum memenuhi atau mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah. Pentingnya pendidikan dalam meningkatkan pengetahuan anak bangsa, untuk itu guru dituntut untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang kreatif dan inovatif dengan mengembangkan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang menarik dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar salah satunya adalah komik. Media pembelajaran adalah alat atau perantara yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang mana media mempunyai tujuan untuk membantu dan menarik minat siswa sehingga siswa dapat memahami penjelasan yang disampaikan guru. Media komik dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan dapat membantu siswa dalam mempelajari suatu materi. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat terlihat dari hasil belajar siswa yang baik dan memenuhi KKM. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), sedangkan model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian menggunakan instrumen berupa wawancara, angket berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, lembar validasi praktisi, angket respon siswa, dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan suatu pembelajaran membutuhkan media pembelajaran yang realistis seperti media komik, dimana siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan media sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Media ini dikembangkan melalui aplikasi Comic Page Creator dan Picsart. Hasil validasi menunjukan nilai rata-rata ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 93,3% ; 94% ; 94% yang menunjukan pengembangan media komik memenuhi kriteria sangat layak. Nilai pretest dan post test memperoleh rata-rata 59,90% dan 82,60% memperoleh hasil N-Gain sebanyak 0,56 termasuk peningkatan nilai sedang. Respon guru dan siswa terhadap media komik berbasis kearifan lokal memperoleh persentase 95,71% dan 89,81% dengan kriteria sangat praktis sehingga media efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Komik, Kearifan Lokal, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Feb 2024 19:28
Last Modified: 27 Feb 2024 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item View Item