Pengaruh mobelik berbasis keunggulan lokal jenang kudus terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas iv sekolah dasar 03 karangmalang

Putri, Della Septianing (2023) Pengaruh mobelik berbasis keunggulan lokal jenang kudus terhadap pemahaman konsep pada siswa kelas iv sekolah dasar 03 karangmalang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstrak

Pembelajaran aktif dengan pendekatan saintifik dapat membuat kurang optimalnya pemahaman konsep siswa. Untuk mengetahui pemahaman konsep siswa perlu adanya dorogan dari guru. Masalah penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan modul belajar lingkungan berbasis keunggulan lokal jenang kudus pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul belajar lingkungan berbasis keunggulan lokal jenang kudus terhadap pemahaman konsep pada siswa materi perubahan wujud zat di SD 03 Karangmalang Mobelik yaitu bahan ajar yang dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan agar siswa lebih mengenal dan mencintai potensi yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal siswa. Isi dari modul tersebut yaitu pendahuluan yang membahas tentang capaian pembelajaran dan tujuan pembelajaran, kemudian materi, dan yang terakhir evaluasi berisi rangkuman materi dan soal soal. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Karangmalang dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil soal evaluasi sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Uji t ini menggunakan nilai pretest dan postest dimana didapatkan hasil sig (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dimana terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan modul Mobelik berbasis Keunggulan Lokal Jenang Kudus pada pembelajaran IPAS materi perubahan wujud zat kelas IV. Berdasarkan hasil perbedaaan skor pretest dan postest mengalami kenaikan yaitu rata-rata nilai minimum sebesar 0,31 dan maksimum 0,67 dengan kategori sedang sehingga terdapat peningkatan setelah diberikan perlakuan menggunakan modul mobelik berbasis keunggulan lokal Jenang Kudus. Penelitian ini sebagiknya guru kelas IV menerapkan pembelajaran berbasis keunggulan lokal yang ada di Kabupaten Kudus atau daerah setempat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 : Sekar Dwi Ardianti, S,Pd., M,Pd Dosen Pembimbing 2 : Lintang Kironoratri, S.pd., M.Pd.
Kata Kunci: Mobelik, Pemahaman Konsep, IPAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Feb 2024 20:23
Last Modified: 27 Feb 2024 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20430

Actions (login required)

View Item View Item