Indiyanti, Clara Elena (2023) Pengaruh model problem based learning berbasis edutainment terhadap pemahaman konsep ipa siswa sd n 2 telawah. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (606kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (309kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (385kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (470kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (572kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstrak
Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyatan yang ditemukan di SD N 2 Telawah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model problem based learning berbasis edutaiment. Problem Based Learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan masalah sebagai fokus dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman baru dengan melibatkan siswa secara langsung dalam pemecahan masalah. Edutainment adalah pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa merasa nyaman, aman, enjoy, santai dan kelas tidak terasa tertekan, tidak menakutkan, dan tidak tertekan. Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep atau fakta dan menjawabnya dengan menggunakan kalimat sendiri tanpa mengubah makna dari konsep yang dimaksud. Penelitian eksperimen ini dilakukan di kelas IV SD N 2 Telawah dengan subjek penelitian 23 siswa dalam satu kelas yang berlangsung selama 5 pertemuan. Pertemuan pertama diadakanya pretest, pertemuan kedua sampai keempat pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning berbasis edutainmen, dan pertemuan ke kelima diadakannya posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan taitu data kuantitatif uji paired sample t-test dan uji n gain. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model problem based learning berbasis edutainment berpengaruh dan terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa rata-rata pretest pemahaman konsep siswa 45, sedangkan skor rata-rata posttest pemahaman konsep siswa 76,1. Berdasarkan uji paired sample t-test pemahaman konsep diperoleh nilai signifikan (2-tailed) adalah 0,000 <0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis uji n-gain dari selisih nilai pretest dan posttest diperoleh 0,56 yang terletak antara 0,30 sampai 0,70 dengan kriteria peningkatan sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep siswa melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis edutainment. Guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran sesuai kebutuhan siswa yaitu salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis edutainment. Guru juga harus memberikan perhatian khusus terdapah siswa yang sulit menerima materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 : Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, Edutainment, Pemahaman Konsep |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 20:47 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 20:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20431 |
Actions (login required)
View Item |