The effectiveness of writing diary toward students’ achievement in writing recount text at the eighth grade of smpn 2 mejobo kudus

Munawaroh, Siti (2023) The effectiveness of writing diary toward students’ achievement in writing recount text at the eighth grade of smpn 2 mejobo kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa di SMPN 2 Mejobo mengalami kesulitan dalam menulis teks atau bahkan bingung menyusun kata menjadi kalimat yang baik, menemukan topik, dan mengembangkan idenya menjadi teks yang dapat dibaca. Diary dapat menjadi alternatif guru untuk mengajar dan memotivasi siswa menulis teks recount karena memiliki kesamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah menulis diari di kelas VIII SMPN 2 Mejobo Kudus tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pra-eksperimental. Penelitian ini terdapat dua variable yaitu menulis buku diari dan prestasi siswa dalam menulis teks recount. Sample penelitian ini adalah siswa kelas 8A SMPN 2 Mejobo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test adalah 77,03 dan nilai rata-rata pre-test adalah 55,5. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran teks recount lebih efektif menggunakan diari. Selain itu, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung = 14,806 lebih tinggi dari t-table = 2,39. Sig (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig (0,000) lebih rendah dari sig α (0,05). Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah menulis buku harian di kelas VIII SMPN 2 Mejobo Kudus. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa inggris untuk menggunakan buku harian untuk mengajar teks recount dan peneliti lain dapat menerapkan metode ini ke bidang lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Slamet Utomo, M.Pd, DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Muh Syafei, M.Pd.
Kata Kunci: Menulis, Diari, Teks Recount
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 02:04
Last Modified: 28 Feb 2024 02:04
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20434

Actions (login required)

View Item View Item