Munawaroh, Siti (2023) The effectiveness of writing diary toward students’ achievement in writing recount text at the eighth grade of smpn 2 mejobo kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (372kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (560kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (382kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa di SMPN 2 Mejobo mengalami kesulitan dalam menulis teks atau bahkan bingung menyusun kata menjadi kalimat yang baik, menemukan topik, dan mengembangkan idenya menjadi teks yang dapat dibaca. Diary dapat menjadi alternatif guru untuk mengajar dan memotivasi siswa menulis teks recount karena memiliki kesamaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah menulis diari di kelas VIII SMPN 2 Mejobo Kudus tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pra-eksperimental. Penelitian ini terdapat dua variable yaitu menulis buku diari dan prestasi siswa dalam menulis teks recount. Sample penelitian ini adalah siswa kelas 8A SMPN 2 Mejobo yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test adalah 77,03 dan nilai rata-rata pre-test adalah 55,5. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran teks recount lebih efektif menggunakan diari. Selain itu, pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t-hitung = 14,806 lebih tinggi dari t-table = 2,39. Sig (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig (0,000) lebih rendah dari sig α (0,05). Artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, ada perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar siswa dalam menulis teks recount sebelum dan sesudah menulis buku harian di kelas VIII SMPN 2 Mejobo Kudus. Penulis menyarankan kepada guru Bahasa inggris untuk menggunakan buku harian untuk mengajar teks recount dan peneliti lain dapat menerapkan metode ini ke bidang lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Slamet Utomo, M.Pd, DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Muh Syafei, M.Pd. |
Kata Kunci: | Menulis, Diari, Teks Recount |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 02:04 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 02:04 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20434 |
Actions (login required)
View Item |