Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa

INGGITYAWATI, AJENG VITA (2023) Efektivitas model pembelajaran problem based learning berbantuan geogebra dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya keaktifan dalam memecahkan permasalahan dan kurangnya kepercayaan diri pada siswa yang disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan guru. Hal tersebut dibuktikan dengan tes studi pendahuluan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan presentase 44% dan self confidence siswa yang masih 53%. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) menganalisis rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan PBL berbantuan Geogebra lebih baik dari model pembelajaran DI; (2) menganalisis pembelajaran dengan model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra efektif dalam mencapai ketuntasan belajar; (3) menganalisis peningkatan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra lebih baik dari model DI; (4) menganalisis pengaruh self confidence siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi experimental. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA di SMAN 2 Kudus. Sampel kelas XI MIPA 5 subjek penelitian 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 7 subjek penelitian 37 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence. Sedangkan, variabel bebasnya adalah model PBL berbantuan Geogebra. Teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji banding serta analisis data akhir meliputi uji t dua sampel, uji t satu sampel, uji z satu sampel, dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebuah simpulan bahwa model pembelajaran PBL berbantuan Geogebra efektif dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence dengan menunjukkan (1) rata-rata pemecahan masalah matematis kelas yang diajarkan melalui model PBL berbantuan Geogebra lebih baik dari model DI. (2) Proporsi siswa yang tuntas KKM setelah mengikuti model pembelajaran berbantuan Geogebra lebih dari 75%. (3) Peningkatan kemampuaan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar melalui model PBL berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan siswa yang belajar melalui model pembelajaran DI. (4) Self confidence berpengaruh secara signifikan sebesar 91,1% terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan PBL berbantuan Geogebra

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Geogebra, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning, dan Self Confidence Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 18:57
Last Modified: 28 Feb 2024 18:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item View Item