The effectiveness of using english diary in teaching writing recount text for tenth-grade students of sma n 1 jekulo

RAMADANI, SYALSA AMANDA PUTRI (2023) The effectiveness of using english diary in teaching writing recount text for tenth-grade students of sma n 1 jekulo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
7. BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount, penulis menggunakan teknik buku harian bahasa Inggris untuk mengajar menulis teks recount. Menulis adalah salah satu hal penting dalam bahasa Inggris, yang harus diajarkan oleh guru secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku harian bahasa Inggris dalam pengajaran menulis teks recount untuk siswa kelas X SMA N 1 Jekulo. Teknik buku harian bahasa Inggris direkomendasikan sebagai media pengajaran menulis teks recount karena diasumsikan siswa akan lebih mudah memahami cara menulis teks recount. Mereka dapat menulis tentang perasaan, pengalaman, dan keinginan mereka dengan bebas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain pra-eksperimental. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu teknik buku harian bahasa Inggris dan keterampilan menulis teks recount siswa. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas X SMA N 1 Jekulo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan buku harian bahasa Inggris. Hasil perhitungan t diperoleh t-hitung sebesar 20,483 dan t-tabel sebesar 2,042. Nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel (20,483 > 2,042). Sig (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig (0,000) lebih rendah dari sig α (0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa dalam teks recount sebelum dan sesudah diajar menggunakan teknik English diary dan pengajaran dengan menggunakan teknik English diary lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam menulis teks recount. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi oleh guru bahasa Inggris sebagai salah satu teknik mengajar menulis teks recount untuk siswa kelas X.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Drs. Muh Syafei, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum
Kata Kunci: Menulis, Teks Recount, Teknik Buku Harian Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 20:44
Last Modified: 28 Feb 2024 20:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20441

Actions (login required)

View Item View Item