RAMADANI, SYALSA AMANDA PUTRI (2023) The effectiveness of using english diary in teaching writing recount text for tenth-grade students of sma n 1 jekulo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
7. BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam teks recount, penulis menggunakan teknik buku harian bahasa Inggris untuk mengajar menulis teks recount. Menulis adalah salah satu hal penting dalam bahasa Inggris, yang harus diajarkan oleh guru secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan buku harian bahasa Inggris dalam pengajaran menulis teks recount untuk siswa kelas X SMA N 1 Jekulo. Teknik buku harian bahasa Inggris direkomendasikan sebagai media pengajaran menulis teks recount karena diasumsikan siswa akan lebih mudah memahami cara menulis teks recount. Mereka dapat menulis tentang perasaan, pengalaman, dan keinginan mereka dengan bebas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuantitatif dengan desain pra-eksperimental. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu teknik buku harian bahasa Inggris dan keterampilan menulis teks recount siswa. Sampel penelitian ini adalah 35 siswa kelas X SMA N 1 Jekulo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks recount siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan buku harian bahasa Inggris. Hasil perhitungan t diperoleh t-hitung sebesar 20,483 dan t-tabel sebesar 2,042. Nilai t-hitung lebih besar dibandingkan t-tabel (20,483 > 2,042). Sig (2-tailed) juga menunjukkan bahwa sig (0,000) lebih rendah dari sig α (0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis siswa dalam teks recount sebelum dan sesudah diajar menggunakan teknik English diary dan pengajaran dengan menggunakan teknik English diary lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam menulis teks recount. Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi oleh guru bahasa Inggris sebagai salah satu teknik mengajar menulis teks recount untuk siswa kelas X.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. Drs. Muh Syafei, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Ahdi Riyono, S.S., M.Hum |
Kata Kunci: | Menulis, Teks Recount, Teknik Buku Harian Bahasa Inggris |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 20:44 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 20:44 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20441 |
Actions (login required)
View Item |