The tenth grade students’ perception of animation video as media for learning listening at smk al hikmah jepara

ALDIRA, ARDIANI IVON (2023) The tenth grade students’ perception of animation video as media for learning listening at smk al hikmah jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (871kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Di era informasi dan komunikasi yang maju ini, teknologi dapat mempengaruhi praktik pendidikan guru dan siswa. Menonton Video Animasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan menyimak, dan dalam hal ini mengacu pada persepsi siswa terhadap Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak di SMK Al-Hikmah Jepara agar mereka diberi kewenangan atas keterampilan mendengarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak di SMK Al-Hikmah Jepara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif. Partisipan penelitian ini adalah 25 siswa kelas X AKL 1 SMK Al-Hikmah Jepara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas X AKL 1 SMK Al-Hikmah Jepara terhadap penggunaan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa setuju menggunakan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak. Artinya, penggunaan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak memberikan kontribusi yang berpotensi positif untuk mengembangkan keterampilan menyimak. Sebagian besar siswa senang dan tertarik menggunakan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak. Tidak hanya itu penggunaan Video Animasi tidak membuat siswa bosan, tetapi siswa menjadi lebih aktif sehingga lebih tertarik dan tentunya Video Animasi juga membantu siswa dalam menambah kosa kata dan mengembangkan keterampilan menyimak. Oleh karena itu, diharapkan penelitian ini dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan menyimak, khususnya melalui penggunaan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak. Selain itu, peneliti juga menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak di kelas. Kemudian peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat menggali informasi lebih lanjut tentang persepsi siswa terhadap penggunaan Video Animasi sebagai media pembelajaran menyimak dengan metode yang berbeda.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd Dosen Pembimbing II : Dr. A. Hilal. Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi, Animation Video, Kemampuan mendengarkan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 21:34
Last Modified: 28 Feb 2024 21:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20446

Actions (login required)

View Item View Item