Students’ perception of google classroom for learning english of the eleventh grader at sma bopkri 3 pati in the academic year 2022/2023

ADHITAMA, TAUFAN (2023) Students’ perception of google classroom for learning english of the eleventh grader at sma bopkri 3 pati in the academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, banyak sekolah yang menggunakan e-learning dalam proses pembelajaran. Google Classroom merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran online. Google Classroom adalah Learning Management System untuk mendukung dan memfasilitasi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Google Classroom sangat membantu guru dan siswa untuk menyampaikan atau berbagi materi. Google Classroom membantu pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih fleksibel dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Google Classroom untuk pembelajaran bahasa Inggris dan mengetahui kelebihan dan kekurangan Google Classroom untuk pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas XI SMA BOPKRI 3 Pati tahun ajaran 2022/2023. Desain penelitian ini adalah metode kualitatif dengan study kasus. Peneliti menggunakan angket semi terstruktur yang dibagikan kepada siswa kelas XI SMA BOPKRI 3 Pati tahun pelajaran 2022/2023 untuk mengumpulkan data dan diperkuat dengan wawancara semi terstruktur dengan 5 siswa di kelas yang sama. . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap Google Classroom dalam pembelajaran bahasa Inggris online seperti Google Classroom membantu siswa untuk meningkatkan motivasi mereka dalam menjawab pertanyaan dari guru ketika mengikuti kelas bahasa Inggris online dan memudahkan mereka dalam melakukan pembelajaran bahasa Inggris online. Kelebihan Google Classroom untuk belajar bahasa Inggris adalah: menghemat waktu, mudah digunakan untuk mengunggah materi atau tugas, dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka (menulis, membaca, mendengarkan, dan berbicara). Sedangkan kekurangan Google Classroom untuk pembelajaran bahasa Inggris adalah: memakan banyak kuota internet, koneksi jaringan tidak stabil, perangkat tidak kompatibel, tidak ada kuis otomatis, dan siswa sulit memahami materi karena terkadang guru hanya mengirimkan materi tanpa memberikan penjelasan. Oleh karena itu, dengan penelitian ini, peneliti berharap para guru dapat menemukan cara untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris online lebih efektif. Selain hanya memberikan materi dan tugas, guru juga dapat menjelaskan materi, mengadakan diskusi dan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris sehingga siswa menjadi aktif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Surachmi W, M.Pd Dosen Pembimbing II : Nuraeningsih, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi, Google Classroom, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 23:34
Last Modified: 28 Feb 2024 23:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20453

Actions (login required)

View Item View Item