LUTHFA, MIRA YUIZZATUL (2023) The students' perception of google classroom used in english class at the twelfth-grade of sma n 1 mayong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (300kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (296kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Persepsi Siswa terhadap Google Classroom yang digunakan dalam Kelas Bahasa Inggris online di kelas dua belas SMA N 1 Mayong. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong yang berjumlah 34 orang. Menurut pengamatan peneliti, penggunaan aplikasi Google Classroom mempunyai beberapa manfaat yang dapat digunakan siswa untuk media pembelajaran, yaitu Google Classroom mudah diakses dimana saja dan kapan saja melalui smartphone, selain itu juga mudah digunakan, dalam menyampaikan materi, berbagi tugas dan absen. Tugas akhir ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Peneliti membagikan 23 kuesioner tertutup untuk 34 siswa dan 8 pertanyaan wawancara untuk 5 siswa. Analisis data dilakukan dengan empat kategori yaitu kegunaan, efektivitas, faktor internal, dan faktor eksternal dalam penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran online. hal ini sesuai dengan teori dari Widodo dan Slamet (2020) Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang berguna dan mudah digunakan, selain itu Google Classroom juga menjadi solusi efektif bagi siswa dalam mengumpulkan tugas dan berbagi materi. Temuan disajikan dalam empat indikator: Kegunaan Google Classroom, Efektivitas Google Classroom, Faktor Internal Penggunaan Google Classroom, Faktor Eksternal Penggunaan Google Classroom. Berdasarkan temuan tersebut, siswa merasa bahwa Google Classroom berguna, mudah digunakan secara efektif dan mereka puas menggunakan Google Classroom sebagai alat online dalam proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa Google Classroom merupakan media yang cocok sebagai alat pembelajaran dalam proses pembelajaran online.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr.Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing II : Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Persepsi siswa, Google Classroom |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 00:37 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 00:37 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20460 |
Actions (login required)
View Item |