The students' perception of google classroom used in english class at the twelfth-grade of sma n 1 mayong

LUTHFA, MIRA YUIZZATUL (2023) The students' perception of google classroom used in english class at the twelfth-grade of sma n 1 mayong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Persepsi Siswa terhadap Google Classroom yang digunakan dalam Kelas Bahasa Inggris online di kelas dua belas SMA N 1 Mayong. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 2 SMA N 1 Mayong yang berjumlah 34 orang. Menurut pengamatan peneliti, penggunaan aplikasi Google Classroom mempunyai beberapa manfaat yang dapat digunakan siswa untuk media pembelajaran, yaitu Google Classroom mudah diakses dimana saja dan kapan saja melalui smartphone, selain itu juga mudah digunakan, dalam menyampaikan materi, berbagi tugas dan absen. Tugas akhir ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Peneliti membagikan 23 kuesioner tertutup untuk 34 siswa dan 8 pertanyaan wawancara untuk 5 siswa. Analisis data dilakukan dengan empat kategori yaitu kegunaan, efektivitas, faktor internal, dan faktor eksternal dalam penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran online. hal ini sesuai dengan teori dari Widodo dan Slamet (2020) Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang berguna dan mudah digunakan, selain itu Google Classroom juga menjadi solusi efektif bagi siswa dalam mengumpulkan tugas dan berbagi materi. Temuan disajikan dalam empat indikator: Kegunaan Google Classroom, Efektivitas Google Classroom, Faktor Internal Penggunaan Google Classroom, Faktor Eksternal Penggunaan Google Classroom. Berdasarkan temuan tersebut, siswa merasa bahwa Google Classroom berguna, mudah digunakan secara efektif dan mereka puas menggunakan Google Classroom sebagai alat online dalam proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa Google Classroom merupakan media yang cocok sebagai alat pembelajaran dalam proses pembelajaran online.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr.Ahdi Riyono, S.S., M.Hum. Dosen Pembimbing II : Dr. Rismiyanto, S.S., M.Pd.
Kata Kunci: Persepsi siswa, Google Classroom
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:37
Last Modified: 29 Feb 2024 00:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20460

Actions (login required)

View Item View Item