Students' perception of using illustration picture in reading narrative text at the tenth grade of smk islam al hikmah mayong

SARI, ROSALINA KUSUMA (2023) Students' perception of using illustration picture in reading narrative text at the tenth grade of smk islam al hikmah mayong. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Salah satu masalah membaca yang paling umum adalah kesulitan memahami teks yang kompleks. Teks yang digunakan dalam lingkungan akademis atau profesional sering kali mengandung kosakata yang sulit, kalimat yang rumit, dan konsep yang rumit. Siswa sering bergumul dengan mengidentifikasi informasi kunci, menarik kesimpulan, dan mengembangkan pemahaman menyeluruh tentang teks-teks ini. Ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk belajar secara efektif di berbagai mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan gambar ilustrasi dalam membaca teks naratif kelas X SMK ISLAM AL HIKMAH mayong. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK AL-HIKMAH Mayong Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas MP3 (manajemen perkantoran) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian berupa angket dan wawancara. Peneliti membagikan 18 kuesioner tertutup dan 8 pertanyaan wawancara dengan lima siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X SMK AL-HIKMAH Mayong Jepara memiliki persepsi positif terkait penggunaan gambar ilustrasi dalam teks naratif. Sebagian besar siswa setuju bahwa dapat disimpulkan bahwa membaca teks naratif dengan menggunakan gambar ilustrasi dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk membaca. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa siswa mengklaim bahwa jika ada ilustrasi, mereka akan lebih terlibat dalam membaca teks naratif. Mereka juga mengklaim bahwa gambar ilustrasi membantu mereka memahami apa yang mereka baca dan mengkomunikasikan ide-ide mereka secara efektif. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan membaca mereka, khususnya melalui penggunaan gambar ilustrasi dalam membaca teks naratif

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Diah Kurniati. S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Persepsi siswa, gambar ilustrasi, teks naratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 18:19
Last Modified: 29 Feb 2024 18:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20470

Actions (login required)

View Item View Item