Pengembangan lembar kerja siswa (lks) melalui pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas ii sd

SARI, NEVITA EKA (2023) Pengembangan lembar kerja siswa (lks) melalui pendidikan matematika realistik indonesia (pmri) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas ii sd. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis kebutuhan lembar kerja siswa (LKS) melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas II SD, 2) menganalisis proses pengembangan lembar kerja siswa (LKS) melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas II SD, 3) menguji kelayakan lembar kerja siswa (LKS) melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas II SD, 4) menguji efektivitas lembar kerja siswa (LKS) melalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbasis permainan dakon untuk siswa kelas II SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu : 1) penelitian dan pengumpulan data; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan draf produk awal; 4) uji lapangan awal; 5) revisi produk awal; 6) uji lapngan utama; 7) revisi produk utama; 8) uji lapangan oprasional; 9) revisi produk akhir; 10) implementasi. Hasil validasi ahli materi dan ahli media termasuk pada kategori valid. Hasil validasi ahli materi mendapat skor 3,8 dan hasil validasi media mendapat skor 2,5. Rata-rata hasil validasi ahli materi dan media mendapat skor 3,15 termasuk dalam kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS melalui PMRI berbasis permainan dakon valid dan layak diaplikasikan dalam penelitian. Hasil uji efektivitas LKS melalui PMRI berbasis permainan dakon dilaksanakan dengan uji prasyarat, yaitu nornalitas dan homgenitas pada kelas eksperimen dan kelas control. Selanjutnya membandingkan nilai pretest dan nilai posttest kelas ekseperimen dan kelas control yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKS melalui PMRI berbasis permainan dakon. Pada uji normalitas, memiliki Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,740. Nilai Asymp. Sig (2-tailed) tersebut lebih besar dari 0,05, maka Ho dapat dikatakan diterima dan Ha ditolak. Hal ini dapat kita simpulkan bahwa data pada hasil tes kelas control dan eksperimen terdistribusi normal. Nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar daripada kelas control, yaitu 80,00 pada kelas eksperimen dan 70,00 pada kelas control. Kesimpulan hasil perhitungan posttest pada kelas eksperimen yang diberi perlakukan dengan menggunakan LKS melalui PMRI berbasis permainan dakon termasuk pada kategori efektif. Kesimpulan akhir pada penelitian ini adalah pengembangan LKS melalui PMRI berbasis permainan dakon efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perkalian pada siswa kelas II SD.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sumaji, M. Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.,
Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Permainan dakon
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 20:23
Last Modified: 29 Feb 2024 20:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item