Pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan vectmath app terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa

AIZZAH, LIYA SOFIANA (2023) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan vectmath app terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terlihat dari hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas X E8 SMA N 2 Kudus sebesar 41%. Tujuan penelitian ini : (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran langsung, (2) menguji proporsi siswa yang tuntas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App, (3) menguji terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Rancangan yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Kudus semester II tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-E8 dengan jumlah 35 siswa dan kelas X-E6 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta analisis data meliputi uji t dua sampel independen, uji z dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran langsung, (2) proporsi siswa yang tuntas KKTP setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih dari 75%, (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan VectMath App terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disarankan untuk menerapkan model Creative Problem Solving untuk materi lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Creative Problem Solving, VectMath App.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:06
Last Modified: 01 Mar 2024 02:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20493

Actions (login required)

View Item View Item