AIZZAH, LIYA SOFIANA (2023) Pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan vectmath app terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (789kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version Download (286kB) | Preview |
Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (223kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terlihat dari hasil studi pendahuluan terhadap siswa kelas X E8 SMA N 2 Kudus sebesar 41%. Tujuan penelitian ini : (1) menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran langsung, (2) menguji proporsi siswa yang tuntas Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App, (3) menguji terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Rancangan yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Kudus semester II tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-E8 dengan jumlah 35 siswa dan kelas X-E6 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan homogenitas, serta analisis data meliputi uji t dua sampel independen, uji z dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan, (1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih baik dari rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran langsung, (2) proporsi siswa yang tuntas KKTP setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App lebih dari 75%, (3) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbantuan VectMath App. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model Creative Problem Solving berbantuan VectMath App terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa disarankan untuk menerapkan model Creative Problem Solving untuk materi lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Creative Problem Solving, VectMath App. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 02:06 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20493 |
Actions (login required)
View Item |