Penerapan model pembelajaran problem based learing (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v pada tema 9 benda -benda disekitar kita di sdn 1 dorang

Niawati, Diva Ramadhan (2023) Penerapan model pembelajaran problem based learing (pbl) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas v pada tema 9 benda -benda disekitar kita di sdn 1 dorang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III ..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran tematik di kelas V menunjukkan bahwa proses pembelajaran belum berorientasi pada keterampilan berpikir kritis Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan adalah bagaimana peningkatan keterampilan mengajar guru, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 1 Dorang dengan diterapkannya model Problem Based Learning. Problem Based Learning adalah Suatu model pembelajaran dimana siswa diberikan masalah autentik (nyata) untuk dipecahkan. Masalah-masalah ini menuntut siswa untuk menggunakan pengetahuan mereka untuk merumuskan hipotesis, mencari informasi yang relevan, yang bersifat student centered berpusat pada siswa, dan terlibat dalam diskusi kelompok kecil untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Dorang dengan subjek penelitian 14 siswa dan guru yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus satu dan siklus yang terdiri dari 4 tahapan (1) Planning, (2) action (3) observation (4) refection. variabel bebasnya adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat pada Pada siklus I siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 73,81 termasuk kedalam kualifikasi rendah. Siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 11 siswa dengan presentase 78,57%. Pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 89,65 termasuk kedalam kualifikasi baik. Siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan presentase 85,71% yang tergolong cukup. Penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata ≥75. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek sikap dan keterampilan. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model Problem Based Learning guru lebih terampil, kreatif dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa. .

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Erik Aditia Ismaya, M.A., Dosen Pembimbing II: Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 18:31
Last Modified: 01 Mar 2024 18:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item