Analisis pemahaman konsep matematika kelas iv Sd 5 bae pasca pandemi

MAWARDAH, SHIFANIA ‘AZZA (2023) Analisis pemahaman konsep matematika kelas iv Sd 5 bae pasca pandemi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa serta menganalisis kendala dan solusi ketika siswa dalam pemahaman konsep matematika. Pemahaman konsep matematika saat ini sudah lebih baik daripada di awal-awal pasca pandemi walaupun masih ada siswa yang belum memahami pemahaman konsepnya. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SD 5 Bae. Pemahaman konsep memiliki peran yang penting dalam pengetahuan matematika. Pemahaman konsep matematika saat ini sudah lebih baik daripada di awal-awal pasca pandemi. Di awal-awal pasca pandemi siswa selalu meminta kepada gurunya agar tugas matematika dikerjakan di rumah. Akan tetapi saat ini siswa sudah mulai bisa mengikuti pembelajaran matematika terutamanya dalam memahami pemahaman konsep matematika dengan baik. Penelitian akan dilaksanakan di kelas IV SD 5 Bae. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini meliputi guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Pada Penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian dari 7 siswa bisa dilihat bahwa subjek yang memenuhi indikator ketiga tersebut yaitu ZAS dan DSA, subjek yang hanya mampu memenuhi 2 indikator yaitu UA, subjek yang hanya mampu memenuhi 1 indikator saja yaitu MMA dan ZN, sedangkan subjek yang tidak mampu memenuhi semua indikator yaitu EA dan ZW. Kendalanya hanya terletak pada subjek yang belum hafal rumus dan solusinya yaitu terus belajar, berlatih, dan menghafalkannya. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada bab pembahasan maka peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut: 1.) Bagi siswa agar lebih teliti dalam menghitung dan mencoba berlatih mengerjakan soal secara mandiri, 2.) Bagi Wali Kelas menggunakan media agar siswa lebih faham lagi dan memberikan waktu sebaik-baiknya agar bisa memberikan arahan dan bimbingan, 3.) Bagi sekolah memberikan fasilitas lebih banyak kepada siswa terutamanya buku.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Khamdun, S.Pd., M.Pd, Dosen Pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd,
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, Pasca Pandemi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 18:41
Last Modified: 01 Mar 2024 18:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20496

Actions (login required)

View Item View Item