Analisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas ii sd kayuapu

SAIDAH, MAISYAH SAROTUL (2023) Analisis kemampuan membaca permulaan siswa kelas ii sd kayuapu. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SD Kayuapu, diperoleh hasil bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas II sangat beragam selama proses pembelajaran, dimana 11 siswa sudah bisa membaca dan 4 siswa masih mengalami kesulitan yaitu membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan pengenalan kata dan membaca terbata-bata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan membaca permulaan dan faktor-faktor yang menghambat kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Kayuapu. Penelitian ini membahas tentang kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Kayuapu. Kemampuan adalah suatu kesanggupan, kecakapan seseorang dalam melakukan sesuatu yang memang harus dilakukan. Membaca permulaan merupakan kegiatan seorang anak dalam memulai aktivitas dengan pengenalan huruf melalui simbol-simbol. Membaca permulaan dilakukan melatih anak dalam melafalkan huruf dengan benar dan menggunakan intonasi yang tepat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa dengan kemampuan membaca permulaan yang berbeda diambil dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Robert K.Yin. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan ketekunan peneliti dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Kayuapu cukup baik, namun 4 dari 15 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan rendah yaitu siswa ZN kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, siswa YR dan AV kesulitan dalam membaca gabungan huruf konsonan dan siswa FH kesulitan dalam membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kondisi tubuh yang kurang baik, kurangnya minat siswa dan dorongan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa 4 siswa yang mengalami kemampuan membaca permulaan rendah dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor internal dan eksternal. Oleh karena itu, kebiasaan belajar membaca harus lebih di terapkan lagi dengan metode sederhana seperti berlatih membaca dengan buku cerpen, ataupun buku bacaan yang ada. Jika anak terbiasa berlatih dan didampingi orang tua maka anak akan semakin percaya diri dan selalu mendapatkan motivasi ketika belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Sri Utaminingsih, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Membaca, Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 18:47
Last Modified: 01 Mar 2024 18:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20500

Actions (login required)

View Item View Item