Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas v sdn 1 padurenan

HANDAYANI, TAQIYA (2023) Penerapan model pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas v sdn 1 padurenan. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Berpikir Kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPS dan PPKn tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang kurang tepat. Permasalahan tersebut menyebabkan terganggunya proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada penerapan model pembelajaran Mind Mapping siswa kelas V SDN 1 Padurenan mata Pelajaran IPS dan PPKn tema 9. Mind Mapping adalah model pembelajaran dengan cara membuat peta pikiran untuk mempermudah siswa dalam memahami sesuatu dengan pembuatan adanya simbol gambar atau ilustrasi. Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SDN 1 Padurenan. Berpikir Kreatif merupakan suatu kegiatan dalam cara berpikir atau pemikiran yang dimiliki oleh seseorang dengan tujuan untuk menciptakan ide-ide atau hal-hal yang baru atau berbeda dari yang lain. Hipotesis penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa SDN 1 Padurenan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Padurenan dengan subjek penelitian 19 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif sedangkan variabel bebasnya yaitu model pembelajaran Mind Mapping. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas analisis data kualitatif dan analiasis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,1 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 63% yang tergolong kriteria tinggi. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan mencapai nilai rata-rata 84,4 dengan persentase ketuntasan 84% yang tergolong kriteria sangat tinggi. Penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dari seluruh siswa yang mencapai nilai ≥75. Berdasarkan hasil tersebut , disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa dapat meningkat melaui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 1 Padurenan, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Mind Mapping guru lebih terampil, kreatif, dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd. M.Pd,
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Mind Mapping, Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 19:12
Last Modified: 01 Mar 2024 19:12
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20503

Actions (login required)

View Item View Item