Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 2 pelemkerep pada tema 9 benda-benda di sekitar kita dalam muatan ppkn dan ips

DAMAYANTI, ALFINA (2023) Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 2 pelemkerep pada tema 9 benda-benda di sekitar kita dalam muatan ppkn dan ips. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 2 Pelemkerep dalam muatan PPKn dan IPS pada tema 9. Talking Stick merupakan model pembelajaran berbantuan tongkat yang diberikan secara bergiliran, yang membuat setiap siswa memiliki hak untuk berbicara, yang mendorong siswa untuk berani dalam mengemukakan pendapatnya. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas V SDN 2 Pelemkerep Jepara dengan subjek penelitian 17 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dan hasil belajar siswa, sedangkan variabel bebasnya adalah model Talking Stick. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,4 dengan persentase ketuntasan klasikalnya 65%. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan mencapai nilai rata-rata 78,7 dengan persentase ketuntasan 82%. Penelitian tersebut dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dari seluruh siswa yang mencapai nilai ≥75. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan melaui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN 2 Pelemkerep, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Talking Stick guru lebih terampil, kreatif, dan inovatif sehingga siswa dapat aktif mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. Dosen Pembimbing II : Dr. Wawan Shokib Rondli. M.Pd,
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Talking Stick
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 19:45
Last Modified: 01 Mar 2024 19:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item