Penerapan model pembelajaran tgt (teams games tournament) berbantu media monopoli dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Peserta didik kelas iv sd

PRATIWI, MEGA PANDU (2023) Penerapan model pembelajaran tgt (teams games tournament) berbantu media monopoli dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Peserta didik kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya minat belajar peserta didik. Hal tersebut dapat terjadi karena penggunaan model pembelajaran yang kurang inovatif pada saat proses pembelajaran. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan minat belajar serta hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantu media monopoli. Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dirancang untuk mengajarkan peserta didik tanggung jawab, bersaing sehat, dan rileks dalam mengikuti aktivitas pembelajaran. Media monopoli termasuk permainan yang edukatif terbuat dari kertas atau banner yang dapat dilipat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan berlangsung selama dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Wonorejo 1 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 21 peserta didik. Variabel bebas adalah model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), sedangkan variabel terikat adalah minat dan hasil belajar peserta didik. Instrumen penelitian mengunakan teknik tes yaitu soal evaluasi dan teknik non tes, yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan penerapan model TGT (Teams Games Tournament) berbantu media monopoli pada (1) rata-rata minat belajar peserta didik pada siklus I 81,5% dan meningkat pada siklus II yaitu 85,3%, (2) hasil belajar ranah kognitif pada siklus I 67% dan meningkat pada siklus II yaitu 90%, sedangkan hasil belajar ranah psikomotorik pada siklus I adalah 67,5% sedangkan pada siklus II meningkat yaitu 81.7%. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) berbantu media monopoli dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Siti Masfuah, S.P.d., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament), Media Monopoli.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 21:15
Last Modified: 01 Mar 2024 21:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20507

Actions (login required)

View Item View Item