FITRIANA, NUZULIA (2023) Implementasi pembelajaran daring Menggunakan whatsapp pada siswa sd di desa troso. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version Download (515kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (159kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (140kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (43kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Pembelajaran daring dilaksnakan secara online, media yang umum digunakan yaitu WhtasApp. Pada tingkat SD 100% belajar daring menggunakan grup WhatsApp, fakta lapangan menunjukan terdapat anak usia SD yang bermain keluar rumah pada waktu yang seharusnya mereka melaksanakan pembelajaran daring di rumah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran daring menggunakan WhatsApp pada siswa SD di Desa Troso, serta menemukan kesulitan dan tantangan yang dihadapi guru, siswa, dan wali murid. Pembelajaran merupakan pemrosesan informasi yang dilakuakan oleh pendidik, peserta didik dan sumber belajar dalam satu lingkungan belajar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Media pembelajaran merupakan alat perantara yang dapat digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung, tetapi dilakukan secara online menggunakan jaringan internet, media yang umum digunakan untuk pembelaaran daring yaitu WhatsApp. WhatsApp merupkan aplikasi berbasis internet yang mudah digunakan masyarakat untuk bekomunikasi jarak jauh. Sehingga pembelajaran daring menggunakan WhatsApp merupakan proses pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan WhatsApp sebagai media untuk melaksanakan aktivitas belajar mengajar, karena aplikasi tersebut memiliki banyak fitur yang mudah digunakan sehingga dapat mempermudah komunikasi dan berinteraksi terutama pada saat pembelajaran daring berlangsung. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan naratif, penelitian dilaksanakan di rumah para narasumber di Desa Troso dengan subjek penelitian 2 guru SD, 6 siswa/siswi SD dan wali muridnya yang berlangsung selama 2 bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan trianggulasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan veriikasi. Hasil penelitian menunjukkan, dalam implementasi pembelajaran daring menggunakan WhatsApp terdapat tahapan kegiatan, dimulai dari tahap persipan, dilanjutkan dengan kegiatan awal, inti, dan akhir pembelajaran, dalam pelaksanaanya terdapat kesulitan saat pembelajaran berlangsung yaitu: 1) Guru kurang maksimal untuk memahamkan materi kepada siswa, 2) Siswa kesulitan memahami materi karena materi hanya dikirim tanpa dijelaskan, 3) Wali murid bingung cara untuk menjelaskan materi ke anak. Berdasarkan hal tersebut guru, siswa, dan wali murid hendaknya saling berkomunikasi untuk dilakukan mengevaluasi supaya dapat membenahi pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Suad, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Sekar Dwi Ardianti, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, WhatsApp, Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 21:40 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 21:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20509 |
Actions (login required)
View Item |