Pengembangan modul berbasis model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data kelas v gugus kebon harapan

Safaah, Nur (2023) Pengembangan modul berbasis model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data kelas v gugus kebon harapan. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V gugus Kebon Harapan. Tujuan penelitian ini untuk; 1) menganalisis kebutuhan modul berbasis model Problem Based Learning; 2) merumuskan desain modul penyajian data berbasis model Problem Based Learning; 3) menganalisis kelayakan penyajian data berbasis model Problem Based Learning; 4) menganalisis efektifitas modul penyajian data berbasis model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi penyajian data kelas V gugus Kebon Harapan. Modul ajar adalah merupakan bahan ajar yang dijadikan sebagai alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman pembelajaran yang dirancang secara sistematis dan menarik. Model mempunyai arti gambaran dalam bentuk kecil persis seperti aslinya guna dijadikan bahan percontohan. Problem Based Learning adalah sebuah pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik untuk belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development, dengan desain pretest-posttest control group design. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa. Teknik prngumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang dilakukan meliputi uji keabsahan data, uji kelayakan bahan ajar, dan uji efektivitas. Uji kelayakan bahan ajar meliputi validasi ahli dan pretest-posttest. Uji efektivitas bahan ajar terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), uji N-Gain, dan uji independent sample t test. Hasil penelitian dalam penelitian ini meliputi kebutuhan guru dan siswa terhadap bahan ajar. Kebutuhan guru dan siswa terkait bahan ajar yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Desain modul berbasis model problem based learning meliputi 1) Cover modul; 2) Kata pengantar modul; 3) Daftar isi modul; 4) Daftar Gambar Modul; 5) Daftar Tabel Modul; 6) Petunjuk penggunaan Modul; 7) Peta Kompetensi Modul; 8) Peristilahan/Glossary Modul; 9) Pendahuluan Modul; 10) Kegiatan Pembelajaran; 11) Kunci Jawaban dan Teknik Penilaian 12) Daftar pustaka. Hasil validasi ahli materi mendapat nilai sebesar 3,14 dengan kategori valid dan validitas ahli media mendapat nilai sebesar 3,83 dengan kategori sangat valid. Efektivitas penggunaan modul berrbasis model problem based learning berdasakan hasil uji t dengan nilai sig. < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa modul berrbasis model problem based learning efektif untuk peningkatan hasil belajar Matematika.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Dr. Slamet Utomo, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Santoso, M.Pd.,
Kata Kunci: modul , model problem based learning, hasil belajar matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Mar 2024 18:07
Last Modified: 03 Mar 2024 18:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20511

Actions (login required)

View Item View Item